MENGENAL SUNAN KUDUS

adsense-fallback

MENGENAL SUNAN KUDUS – Salah satu dari Wali Sanga yang bertugas menyebarkan agama Islam terutama di daerah Kudus, juga di pesisir utara Jawa Tengah. Najja aslinya Ja’far Shodiq. Ia adalah anak R. Usman Haji yang bergelar Sunan Ngudung dan bermukim di jipangpanolan, sebuah daerah di sebelah utara kota Blora. Dalam menyebarkan agama sunan ini menciptakan banyak cerita keagamaan.

adsense-fallback

Sunan Kudus terutama terkenal sebagai ahli ilmu tauhid, usul hadits, sastra mantiq, dan fiqih. Karena keahliannya itu ia digelari Waliyul ‘ilmi. Di antara ba­nyak cerita keagamaan ciptaannya, Gending Maskumambang dan Mijil paling terkenal. Selain dikenal sebagai guru agama, Sunan Kudus dikenal pula seba­gai perwira pada Kerajaan Demak. Sebagai perwira, konon, ia turut mengembangkan Kerajaan Islam ter­sebut. Ia dianggap sebagai pembuat Mesjid Raya di Kudus yang memiliki menara indah di halamannya. Itulah sebabnya mesjid tersebut terkenal dengan Mes­jid Menara Kudus. Sunan ini dimakamkan di kota Ku­dus.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback