Advertisement

PANGERAN CHARLES (1948- ), pewaris takhta kerajaan Inggris. Nama penuh serta gelarnya adalah Seri Paduka Pangeran Charles Philip Arthur George, Prince of Wales and Earl of Chester, Duke of Cornwall, Duke of Rothesay, Earl of Car rick, Baron of Renfrew, Lord of the Isles, dan Great Steward of Scotland. Waktu ia berumur tiga tahun, ibunya, Elizabeth, menjadi ratu menggantikan eyangnya, Raja George VI yang meninggal dunia.

Pangeran Charles merupakan pewaris takhta kerajaan Inggris pertama yang menerima pendidikan di luar istana. Sejak umur delapan tahun ia mengikuti pelajaran di sekolah-sekolah partikelir di London. Tahun 1962 ia dikirim untuk bersekolah di Gordonstoun, Skotlandia, sekolah mewah yang terkenal mempunyai disiplin keras. Selama enam bulan ia berada di Australia untuk mengikuti kegiatan yang memerlukan ketahanan fisik di lapangan

Advertisement

keras. Charles masuk Kolese Trinity di Cambridge tahun 1967 dan lulus sebagai ahli sejarah. Ia tergolong orang yang aktif. Ia senang main drama, polo, dan cricket. Ia juga bisa bermain cello dan menerbangkan pesawatnya sendiri. Charles menerima gelar Prince of Wales tahun 1958 waktu ia berumur sembilan tahun. Tahun 1970, pada umur 22 tahun, ia menjadi anggota Majelis Tinggi. Maret 1971 ia masuk Kolese Angkatan Udara Kerajaan dan lulus bulan Agustus pada tahun yang sama. Ia lalu masuk Angkatan Laut dan berdinas di sini sampai tahun 1976. Tahun 1981 ia kawin dengan Lady Diana Spencer yang cantik, putri bangsawan Inggris, dan dikaruniai dua anak lelaki, William Arthur Philip Louis dan Henry Charles Albert David.

Advertisement