Advertisement

AGATHA THRISTIE,(1890-1976), penulis wanita Inggris yang terkenal sekali karena cerita detektifnya. Tokoh dalam ceritanya adalah Hercule Poirot, detektif kenamaan dari Belgia yang sedikit aneh, tetapi tidak pernah gagal memecahkan teka-teki pembunuhan, betapa pun ruwetnya. Alur cerita Christie disusun sedemikian rupa sehingga sebelum cerita habis orang tidak akan mengetahui siapa pembunuhnya.

Tokoh dalam seri lain adalah Miss Jane Marple, nenek yang tidak kawin. Penampilannya biasa saja, tetapi kepandaiannya menangani suatu kasus pembunuhan menakjubkan. Selain kedua detektif itu, masih ada sepasang detektif amatir dalam cerita lain, Tommy dan Tuppence Beresford.

Advertisement

Secara keseluruhan, Agatha Christie telah menulis lebih dari 100 judul cerita. Selain itu, ia juga menulis novel, di bawah nama Mary Westmacott, dan cerita drama, antara lain The Mouse Trap (1957) yang dipentaskan di London lebih dari 10.000 kali. Beberapa karyanya dibuat film, seperti Murder on the Orient Express (1974) dan Death on the Nile (1978). Agatha Christie lahir sebagai Agatha Mary Clarissa Miller di Torquay, Devon, Inggris. Tahun 1914 ia kawin dengan Kol. Archibald Christie, tetapi bercerai tahun 1928. Dua tahun kemudian ia kawin dengan Max MaUowan, seorang arkeolog. Tetapi untuk Duku-bukunya ia tetap menggunakan nama Christie. Tahun 1971 ia diangkat menjadi bangsawan dengan sebutan Dame Commander in the Order of the British Empire. Biografi yang ditulisnya sendiri diterbitkan tahun 1977, setelah ia meninggal dunia.

Advertisement