MENGENAL SIERRA LEONE

adsense-fallback

Negara kecil di Afrika yang merupakan bekas jajahan Inggris, dan kini menjadi anggota Negara-negara Persemakmuran. Negara ini terletak di tonjolan pantai barat Afrika. Wilayahnya berbatasan dengan Samudera Atlantik di barat dan selatan, negara Guinea Bissau di timur laut, Guinea di utara dan timur, dan Liberia di timur dan tenggara. Luas wilayahnya 71.740 kilometer persegi. Ibu kotanya adalah Freetown yang juga merupakan kota terbesar dan kota pelabuhan. Pada abad ke-18 Sierra Leone didirikan oleh orang Inggris yang menjadikannya sebagai tanah air bagi para budak yang telah dibebaskan. Nama Sierra Leone berarti Gunung Sin; yang mungkin berasal dari suara guruh yang tei’G-ngar mirip suara auman singa di pegunungan dekat pantainya.

adsense-fallback

Sejarah. Sedikit yang diketahui tentang daerah ini sebelum pelaut Portugis tiba di sini pada tahun 1460. Mulai abad ke-16, banyak kapal dagang dari Eropa singgah di sini, dan membawa serta penduduk asli untuk dijadikan budak belian di Amerika.

Sekitar tahun 1725 suku bangsa Fulani, yang dulu tinggal di bagian timur daerah yang sekarang disebut Sierra Leone ini, mengadakan Perang Sabil untuk r mjadikan daerah jirannya sebagai wilayah Islam. Ketika suku bangsa Fulani bergerak ke arah barat, suku bangsa lainnya pun berpindah ke arah pantai barat dan menetap di daerah Sierra Leone ini.

Pada tahun 1772 perbudakan dihapuskan di Inggris. Pada tahun 1787, Granville Sharp, seorang Inggris yang anti perbudakan, mendirikan suatu koloni di Afrika Barat untuk dijadikan tanah air bagi para budak yang telah dibebaskan. Tanahnya, yang sekarang menjadi ibu kota Freetown, diperoleh dari para kepala suku Temne. Daerah koloni ini kemudian disebut sebagai Propinsi Kebebasan (The Province of Freedom). Pengaruh Inggris secara bertahap mulai masuk daerah pedalaman. Pada tahun 1896, Inggris mendirikan suatu daerah protektorat, termasuk koloni tadi, yang meliputi daerah Sierra Leone.

Antara tahun i896-1961, secara bertahap Sierra Leone bergerak menuju pemerintahan yang mandiri. Pada tahun 1961 negara ini merdeka penuh dengan pemerintahan di bawah Perdana Menteri Sir Milton Margai. Pada tahun 1964 Sir Milton Margai wafat dan digantikan oleh saudaranya, Sir Albert Margai. Pada , lan April 1971, setelah perubahan Undang-undang Dasar disetujui oleh Parlemen, Sierra Leone menjadi republik dengan presiden pertamanya Siaka Stevens, bekas perdana menteri.

Undang-undang Dasar baru yang disahkan pada tahun 1978 menetapkan partai All-People’s Congress sebagai partai politik tunggal. Meskipun banyak masalah ekonomi yang tidak memuaskan rakyat pada masa pemerintahannya, Steven tetap menjadi presiden sampai pensiun pada tahun 1985. Ia digantikan oleh Mayor Jenderal Joseph Momoh, seorang komandan angkatan bersenjata.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback