Advertisement

Dituliskan juga Nikolai Gavrilovich Chernyshevsky, pengarang dan pemikir politik Rusia yang merupakan tokoh penting gerakan revolusioner di Rusia pada masa awal.

Cendekiawan ini menginginkan modernisasi Rusia dengan mengikuti pola Barat. Pemikiran dan gagasannya dipengaruhi oleh utiliter John Stuart Mill, materialis Feuerbach, sosialis Fourier, Belinsky, dan Her- zen. Secara tegas ia mencanangkan pengabdian sastra dan seni terhadap masyarakat. Jiwa sosial dan demokratnya tampak lewat serangannya terhadap kapitalisme Barat dan kekuasaan tsar. Selain itu, ia mendorong tersusunnya masyarakat komune agraris dan industri yang berjiwa demokratis dan sosialis ber-dasarkan filsafat materialisme dan egoisme yang berwawasan.

Advertisement

Politikus kelahiran Saratov ini menuntut ilmu di Universitas St. Petersburg. Ia ditahan karena novelnya, What is to be done? (1863). Tanpa melalui proses terlebih dahulu, ia dibuang ke Siberia dan dibebaskan menjelang meninggal dunia. Pandangan dan perjuangannya mengilhami Lenin dan kaum revolusioner lainnya.

Advertisement