MENGENAL NIKOLA TESLA (1856-1943)

adsense-fallback

Insinyur listrik Amerika Serikat kelahiran Croatia yang produktif dan dinamis. Berkat penemuannya tentang magnet berputar, ia berhasil menciptakan motor induksi arus bolak- balik pertama. Penemuan ini sangat penting karena untuk jarak jauh, arus bolak-balik lebih mudah disebarkan daripada arus searah.

adsense-fallback

Tesla lahir di Smiljan, Croatia, yang kini termasuk dalam wilayah Yugoslavia. Ayah dan ibunya keturunan Serbia. Ia mengikuti pendidikan di Sekolah Teknik di Graz dan Universitas Praha dan kemudian bekerja di Continental Edison Company, Paris. Pada waktu senggang ia melakukan eksperimen dan berhasil membuat mesin induksi yang pertama. Pada tahun 1884 Tesla pindah ke Amerika Serikat dan mengajar di Perguruan Thomas Edison. Namun, di sana ia tidak betah sehingga kemudian pindah ke perusahaan Wes- tinghouse. Ia menjual hak paten motor induksi medan magnet berputar kepada George Westinghouse sehingga terjadi perang dagang antara perusahaan Edison – yang menjual listrik arus searah – dan Westinghouse, penjual listrik arus bolak-balik.

Dengan menggunakan uang hasil penjualan hak patennya, Tesla mendirikan laboratorium sendiri. Di sanalah ia bekerja secara leluasa dan berhasil menciptakan karya lanjutannya, antara lain lampu tabung tanpa kawat pijar (1891), kumparan Tesla (1891), generator dua fase (1893), sistem pembangkitan, transmisi, dan distribusi listrik arus bolak-balik (1893), komunikasi tanpa kawat (1893), gelombang stasioner bumi (1899), dan kilat buatan (1900). Usahanya untuk membuat sistem penyinaran tanpa kawat menemui kegagalan karena kekurangan biaya.

Tesla meninggal dunia pada saat banyak di antara gagasannya belum terwujud. Penghargaan yang diterimanya antara lain Edison Medal yang merupakan penghargaan tertinggi American Institute of Electrical Engineers.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback