MENGENAL MARIE TUSSAUD (1761-1850)

adsense-fallback

Pembuat patung lilin bangsa Swis, pendiri museum lilin “Madame Tussaud” di London yang dikenal di seluruh dunia. Museum tempat menyimpan patung para tokoh dari masa lampau hingga masa sekarang ini menjadi daya tarik tersendiri karena kemiripan patung dengan tokoh aslinya sampai kepada hal-hal kecil.

adsense-fallback

Madame Tussaud lahir di Bern, Swis, dengan nama Marie Gresholtz. Ia belajar seni patung lilin dari pamannya, Phillippe Curtius, yang mempunyai bengkel patung lilin di Paris. Banyak tokoh intelektual dan pemuka masyarakat memesankan pembuatan patung dirinya di bengkel ini, di antaranya Rousseau dan Benjamin Franklin.

Dalam Revolusi Perancis (1789) Marie dicurigai berpihak kepada Raja sehingga dipenjarakan. Dalam penjara ia dipaksa membuat patung dengan menggunakan kepala para korban guillotine, di antaranya kepala Raja Louis XVI dan permaisurinya, Marie Antoinette.

Marie kawin dengan Francois Tussaud (1795) dan dikaruniai dua anak lelaki. Perkawinan ini akhirnya kandas. Marie Tussaud kemudian pindah ke London bersama salah seorang anaknya.

Museum Madame Tussaud yang dewasa ini berlokasi di Jalan Marylebone berdiri tahun 1884. Museum ini pernah mengalami kebakaran (1925) tetapi dapat dibuka kembali tiga tahun kemudian karena cetakan patung dapat diselamatkan.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback