MENGENAL LEEUWENHOEK, ANTON VAN (1632-1723)

adsense-fallback

MENGENAL LEEUWENHOEK, ANTON VAN (1632-1723) – Biologiwan amatir asal Belanda yang pertama kali mem­perkenalkan mikroskop cahaya. Lebih daripada itu melalui mikroskopnya ia mengetahui adanya dunia mikroorganisme dan dapat melihat bentuk serta mengukur besarnya. Oleh karena itulah ia dikenal pula sebagai bapak mikro­biologi. Ia sekaligus membuktikan bahwa generatio spontanea keliru.

adsense-fallback

Leeuwenhoek lahir di Delft, Belanda. Ia tak ber­pendidikan ilmiah, tetapi sangat gemar mengasah lensa. Dengan lensa asahannya (tunggal, kecil, cembung-rangkap, dan berfokus pendek) ia mengamati objek beru­kuran kecil, terutama organisme kecil (1674). Ia menggunakan metode mikroskop yang tidak diketahui seorang pun. Diduga selama hidupnya ia mengasah lebih dari 400 lensa de­ngan pembesaran 50 hingga 300 kali. Leeuwenhoek juga meneliti sistem kapiler, bentuk sel darah merah, sistem sirkulasi darah, dan meng­gambarkan spermatozoa. Objek penelitiannya tidak hanya terbatas pada manusia, tetapi juga belut, kodok, anjing, kelinci, ikan, dan beberapa jenis binatang lain­nya. Objek lain yang ia pelajari adalah jaringan tum­buhan. Ia menganut teori preformasi yang mengata­kan bahwa di dalam telur yang terbuahi terdapat suatu organisme berbentuk miniatur dewasanya; miniatur ini berkembang dan tumbuh selama periode embrio. Selama tahun 1673 hingga 1723 Leeuwenhoek selalu mengirim hasil penelitiannya berupa laporan dan gambar penemuannya kepada Royal Society di Lon­don.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback