MENGENAL KUE ROMBEH

adsense-fallback

MENGENAL KUE ROMBEH – Suatu jenis ikan yang mempunyai tubuh relatif lebar dan pipih. Bentuk kepalanya ham­pir tegak dan melengkung di atas mata. Warna tubuh­nya pucat sampai biru kegelapan di bagian atas dan putih perak di bagian bawah. Pada ikan dewa sr. terda­pat suatu tutul hitam „di bagian sudut atas penutup in­sang. Sirip-siripnya pucat kekuningan atau kadang- kadang abu-abu dengan warna kuning terpendam, sedangkan ujung sirip ekor hitam. Pada ikan yang ba­ru saja mati dijumpai pita-pita melintang pada bagian atas badan. Sisik-sisiknya kecil dan terbenam di ba­wah kulit jangat. Garis rusuk melengkung seperti bu­sur di bagian depan serta lurus di bagian belakang, Ada sisik duri sebanyak 5-12.

adsense-fallback

Kue rombeh termasuk ikan pemangsa. Hidupnya di perairan pantai yang dangkal. Panjang tubuhnya da­pat mencapai 70 sentimeter, tetapi umumnya 40 sen­timeter. Ikan ini ditangkap dengan menggunakan pan­cing, bubu, jaring klotok, muroami, dan purse seine. Pemasarannya dilakukan dalam bentuk segar dan asin kering. Harganya agak mahal. Penyebaran ikan meliputi perairan pantai di Indonesia, Teluk Beng. gala, Teluk Thailand, sepanjang pantai Laut Cina$e! latan, ke selatan sampai perairan tropis Australia.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback