Advertisement

MENGENAL KOSTA RIKA – Adalah sebuah negara kecil yang ter­letak di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Ni­karagua di utara dan Panama di timur. Dengan luas 50.700 kilometer persegi, Kosta Rika hampir sebesar Propinsi Sumatra Barat (49.778 kilometer persegi). Negara ini berbatasan dengan Nikaragua di utara, Laut Karibia di timur laut, Panama di tenggara, dan Samudera Pasifik di barat daya. Ibu kotanya San Jose.

Sejarah.

Advertisement

Columbus orang Eropa pertama yang tiba di Kosta Rika tahun 1502. Penduduknya ketika itu orang Indian yang menunjukkan sikap bermusuhan dengan orang Spanyol. Spanyol memerlukan waktu 60 tahan untuk menaklukkan mereka. Wilayah ini menjadi jajahan Spanyol hingga tahun 1821. Pada ta­hun yang sama, semua daerah jajahan di Amerika Te­ngah melepaskal^Slri Bari Spanyol dan bergabung” membentuk Meksiko Raya. Tahun 1823 negara-nega­ra Amerika Tengah melepaskan diri dari Meksiko dan membentuk Uni Amerika Tengah. Tahun 1838, Kosta Rika melepaskan diri dan membentuk negara sendiri.

Negara ini lalu memulai pembangunan besar-be­saran. Devisa diperoleh dengan mengekspor kopi. Se­lain itu dibangun jaringan jalan kereta api yang meng­hubungkan daerah pedalaman. Tahun 1871 dikeluarkan jaminan toleransi agama dan tahun 1886 dikeluarkan undang-undang wajib belajar. Tahun 1890, Kosta Rica memilih Jose Joaquin Ro­driguez menjadi presiden, pemilihan mana dianggap Pemilihan pertama secara jujur dan demokratis di seluruh Amerika Tengah. Peristiwa ini mengawali tradi­si demokrasi di seluruh kawasan tersebut. Namun tra­disi ini sering tercemar oleh munculnya pemerintahan diktator. Tahun 1917 terjadi revolusi dan Federico Ti- noco menjadi presiden diktator hingga 1919. Setelah itu Kosta Rika berada dalam keadaan tidak stabil.

Nama Kosta Rika muncul lagi dalam percaturan in­ternasional setelah Presiden Oscar Arias Sanchez, berusaha menggalang perdamaian di kawasan Ameri­ka Tengah. Atas usahanya ia memperoleh Hadiah No­bel Perdamaian tahun 1988.

Keadaan Alam.

Dataran sepanjang pantai Pasifik sempit karena rangkaian pegunungan di bagian te­ngah membentang hingga ke daerah pantai. Di bagian pedalaman terletak Dataran Tinggi Tengah. Di sini terdapat dua wilayah pertanian subur yang luas, yaitu Meseta Central dan Valle del General. Puncak-puncak Cordilleras yang curam mengelilingi daerah itu. Seki­tar 70% penduduk tinggal di Meseta Central, yang su­bur karena tanahnya vulkanis dan iklimnya nyaman.

Chirripo Grande merupakan puncak tertinggi (3.819 meter) yang terletak di Codillera de Talaman- ca. Kebanyakan pegunungan Kosta Rika merupakan daerah geologis yang paling aktif di dunia sehingga negara ini selalu terancam bahaya gempa dan letusan gunung berapi. Di Dataran Rendah Karibia terdapat hutan lebat dan rawa-rawa. Iklim daerah ini sangat baik untuk menanam pisang.

Iklim.

Suhu rata-rata di daerah pantai 25°C sedang­kan daerah pegunungan 15°C. Curah hujan di Dataran Rendah Karibia hingga daerah pegunungan 4.500 – 5.000 milimeter. Wilayah pantai Pasifik hanya mene­rima curah hujan sekitar 2.000 milimeter.

 

 

Advertisement