Advertisement

Nama kapal penumpang mewah Inggris yang tenggelam pada tanggal 14—15 April 1912, dalam pelayaran pertamanya dari Inggris ke New York City. Kapal itu tenggelam di selatan Grand Bun- ke, 2.570 kilometer sebelah timur laut New York City. Kecelakaan laut yang terbesar dalam sejarah itu menewaskan 1.513 jiwa. Kapal itu diluncurkan dari galangannya pada tanggal 31 Mei 1911.

Setelah berhasil dalam pelayaran uji coba yang hanya sekali, Titanic dipersiapkan untuk pelayaran komersial perdananya. Kapal dengan 46.000 tenaga kuda, 29 ketel uap, 159 tungku perapian itu dimuati barang pecah belah seberat 529 ton. Kapal itu mem bawa bahan bakar berupa 5.892 ton batu bara.

Advertisement

Rabu, 10 April 1912, Titanic berangkat dari peja buhan Southamton, Inggris, dengan tujuan New York” Titanic dipimpin Kapten Edward J. Smith yang ber pengalaman 43 tahun sebagai pelan: SebelUm menyeberangi Samudera Atlantik, kapal itu rnengam bil penumpang di Cherbourg, Perancis, dan Queens- town, Irlandia. Kapal itu berangkat dengan 2.227 pe. numpang.

Sebenarnya, Titanic sudah mendapat peringatan tentang adanya gunung es yang bisa membahayakan pelayaran, tetapi nakhodanya meremehkan hal itu. Ia menganggap Titanic hampir tak mungkin tenggelam Lambung kapal itu dilapisi 16 ruangan kedap air Kalau empat ruangan itu terisi air, Titanic tetap tidak akan tenggelam.

Pada 14 April malam pukul 1 1.40, Titanic menabrak gunung es. Tanda bahaya yang dikirimkan diterima oleh kapal California dan beberapa kapal lain di sekitar lokasi itu.

Kapal itu hanya membawa sekoci yang dapat memuat 1.178 penumpang, tetapi karena situasi kalut, hanya 705 wanita dan anak-anak yang berhasil diselamatkan dengan sekoci. Penumpang lainnya hilang atau tewas. Penumpang dalam sekoci itu kemudian diangkat oleh kapal Carphatia yang juga berlayar di sekitar tempat itu.

Sebagai akibat kecelakaan itu, pada 1913 di London diadakan konvensi internasional untuk keselamatan hidup di laut. Konvensi itu menetapkan bahwa setiap kapal harus mempunyai ruang sekoci yang cukup untuk semua penumpang. Latihan penggunaan sekoci harus dilakukan dalam setiap pelayaran. Setiap kapal harus menghidupkan radionya 24 jam sehari.

Setelah berkali-kali gagal, usaha pencarian kapal itu baru berhasil pada 1 September 1985 Suatu ekspedisi ilmiah gabungan Amerika Serikat Perancis menemukan reruntuhan kapal Titanic di kedalaman 3.798 meter di dasar laut.

Incoming search terms:

  • Mengenal TITANIC

Advertisement
Filed under : Review, tags:

Incoming search terms:

  • Mengenal TITANIC