MENGENAL JOSIP BROZ TITO (1892-1980)

adsense-fallback

Marsekal dan presiden Yugoslavia (1953-1980), pendiri Republik Federal Sosialis Yugoslavia. Ia merupakan pemrakarsa dan salah seorang eksponen terpenting Gerakan Non-blok, yang juga diken I sebagai pemimpin nasional komunis pertama yang memisahkan diri dari blok Soviet (1948).

adsense-fallback

Nama aslinya adalah Josip Broz, sedangkan fito adalah nama samar- an yang kemudian menjadi nama panggilannya, la menjadi anggota partai komunis ketika menjadi tawanan perang di Rusia semasa Perang Dunia I. Selanjutnya, ia menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Yugoslavia (1937). Pada waktu Yugoslavia diduduki Jerman semasa Perang Dunia II, ia memimpin gerakan perlawanan nasional bersenjata yang dikenal dengan nama Partisan. Karena gerakan perlawanan bersenjata ini lebih unggul dibandingkan dengan gerakan bawah tanah yang Fain, mereka berhasil menguasai sebagian besar wilayah Yugoslavia seusai peperangan. Sementara itu, berka icepemimpinannya, ia berhasil mencapai pangkat marsekal.

Setelah berhasil menang dalam pemilihan umum, ia menurunkan Raja Peter II dari takhta dan meme-gang kekuasaan sebagai Perdana Menteri (1945- 1963). Karena bentrok dengan pemimpin Uni Soviet, Joseph Stalin, ia memisahkan partai komunis Yugoslavia dari partai komunis Uni Soviet (1948). Semasa menjadi perdana menteri ia mengembangkan sistem desentralisasi dalam pemerintahan dan menggalang kesatuan antara berbagai kelompok etnis di Yugoslavia. Tahun 1953 ia dilantik menjadi presiden dan mengesahkan undang-undang dasar untuk suatu republik federasi sosialis Yugoslavia. Pada tahun 1963 ia mengangkat dirinya sebagai presiden seumur hidup.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback