Advertisement

Suatu jenis ikan yang hidup berkelompok di lautan bebas. Ikan ini termasuk ikan perenang yang cepat; kecepatannya dapat mencapai 30 mil per jam. Apabila ada jenis ikan lain yang menghalangi perjalanannya, kawanan ikan ini akan menerjangnya.

Sebagian besar tuna memiliki punggung berwarna biru laut atau kehijauan; semakin ke bagian sisi dan perutnya, warnanya berangsur-angsur menjadi keperakan. Tubuhnya bulat memanjang dengan kepala lancip dan ekor meruncing. Sirip punggungnya dua buah; sirip punggung pertamanya terdiri atas jari-jari keras, sedangkan sirip punggung keduanya berjari-jari lunak. Letak dan bentuk sirip analnya sama dengan sirip punggung kedua. Di belakang kedua sirip ini terdapat barisan sirip-sirip kecil.

Advertisement

Ikan tuna merupakan salah satu komoditas hasil perikanan laut yang sangat penting, karena rasanya yang lezat sehingga banyak dikonsumsi oleh rakyat di banyak negara.

Beberapa jenis tuna cukup terkenal.

Tuna Bersirip Biru merupakan jenis tuna yang terbesar. Warna tubuhnya biru hitam di sebelah atas dan keperakan di sisi-sisinya. Sirip anal dan sirip kecil di belakang sirip anal serta sirip punggung keduanya berwarna kekuningan. Sirip-sirip lainnya berwarna biru gelap. Tuna bersirip biru mempunyai jalur berwarna kuning cerah yang memanjang pada kedua sisi tubuhnya, mulai dari setengah moncong sampai ekor. jalur ini akan hilang bila tuna mati atau diangkat dari i ir.

Tuna bersirip biru, yang bobotnya sekitar 10 kilogram, hidup berkelompok dalam jumlah besar. Namun, pada ikan tuna yang bobotnya lebih berat, anggota kelompoknya biasanya relatif lebih sedikit. Kelompok kecil ini umumnya terdiri atas ikan tuna berbobot sekitar 50 kilogram, dan yang terbesar sekitar 600 kilogram. Beberapa di antara ikan ini lebih suka menyendiri. Biasanya tuna bersirip biru yang beratnya di atas 50 kilogram dan panjangnya dapat mencapai lebih dari 3,6 meter disebut tuna raksasa. Tuna yang beratnya sekitar 5 – 50 kilogram membentuk kawanan tuna. Kawanan tuna umumnya ditangkap dengan menggunakan pancing atau jala apung. Umpan yang digunakan berupa hewan hidup atau umpan buatan. Tuna raksasa biasanya dijinakkan dari perahu bermotor. Untuk menangkap ikan raksasa ini diperlukan kail yang kuat, kawat timbel, dan kumparan tali yang besar kapasitasnya. Selain itu, diperlukan pula stamina yang tinggi, karena ikan ini akan berontak dan berjuang untuk melepaskan diri selama beberapa ja n; ikan ini baru menyerah jika sudah kelelahan.

Tuna bersirip biru merupakan objek turnamen terbesar dalam olahraga memancing di dunia. Ada dua lokasi dan dua jenis perlombaan. Nova Scotia adalah lokasi dilangsungkannya pertandingan tahunan Piala Tuna Internasional (Annual International Tuna Cup Match). Pertandingan ini diperlombakan pada akhir musim panas atau musim gugur. Pesertanya berasal dari seluruh dunia. Lokasi kedua adalah di New England. Di sini digelarkan Turnamen Tahunan Atlantik Tuna di Amerika Serikat (Annual United States Atlantic Tuna Tournament). Turnamen ini berlangsung selama tiga hari dengan peserta sekitar 150 kapal.

Tuna Bersirip Kuning sangat berbeda dengan jenis tuna lainnya. Sirip punggung kedua dan sirip analnya panjang dan tepinya berwarna hitam. Namun, ciri khasnya adalah sirip dada, sirip perut, dan finletnya berwarna kuning cerah. Sebuah strip kuning yang memanjang dari moncong sampai ekornya akan segera lenyap begitu ikan ini diangkat dari air.

Ukuran tubuhnya tidak sebesar tuna bersirip biru. Berat rata-ratanya 7,5 – 10 kilogram, jarang yang dapat mencapai 50 kilogram; namun, pernah terjaring tuna bersirip kuning yang beratnya 200 kilogram. Ikan ini adalah ikan pengembara lautan dan sering kali datang ke pantai.

Tuna Bermata Besar mempunyai bentuk tubuh mirip tuna bersirip biru, namun ukuran tubuhnya sama dengan tuna bersirip kuning, dan matanya lebih besar. Finletnya berwarna cokelat kuning agak cerah dengan tepi hitam. Tuna bermata besar relatif jarang ditangkap dibandingkan jenis tuna lainnya. Hal ini mungkin disebabkan habitatnya di perairan yang lebih dalam.

Advertisement