MENGENAL IBU TERESA

adsense-fallback

Aslinya Agnes Gonxha Bojazhiu, biarawati India berkebangsaan Albania yang mengabdikan diri kepada orang papa dan telantar. Sebagai pendiri Tarekat Misionaris Cinta Kasih (1948) ia memimpin lebih dari 2.000 biarawan dan biarawati di samping mempunyai rumah penampungan orang telantar di lebih dari 25 negara.

adsense-fallback

Ibu Teresa lahir di Skopje, Yugoslavia. Tahun 1928 ia pindah ke Irlandia dan bergabung dengan ordo suster-suster misionaris. Ordo ini mengirimkannya ke India dan mempekerjakannya sebagai guru di daerah kumuh di Kaikuta. Melihat demikian banyak anak telantar dalam keadaan menyedihkan, ia minta izin untuk mendirikan suatu penampungan di daerah itu. Selanjutnya, ia hidup bersama kaum gelandangan dan senantiasa memberikan pertolongan bilamana diperlukan (1948). Pada tahun itu juga ia menjadi warga negara India.

Menjelang tahun 1970 rumah penampungan di Kaikuta itu berhasil menyelamatkan jiwa hampir 8.000 ribu orang telantar.

Karena jasa dan pengorbanannya bagi kemanusiaan, ia menerima banyak penghargaan, antara lain Hadiah Nobel untuk Perdamaian (1979), Medali Emas Perdamaian Komisi Perdamaian Soviet (1987).

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback