Advertisement

MENGENAL HEWAN KUDA NIL – Suatu jenis hewan Mamalia bertubuh gembrot, berkepala besar, dan bermulut besar. Berat, panjang, dan tingginya dapat masing-masing menca­pai 3.000 kilogram, 4,5 meter, dan 1,5 meter. Biasa­nya, yang jantan berukuran lebih besar daripada yang betina. Kakinya pendek dan setiap kaki dilengkapi empat buah jari. Kulit kuda nil tebal, tidak memiliki kelenjar keringat, tidak berambut, dan berwarna abu- abu kehitaman sampai kecokelatan dengan tubuh ba­gian bawah berwarna lebih terang dan kemerahan. Pa­da .saat-saat tertentu, dari kulitnya keluar cairan sekresi berwarna’merah. Diduga, cairan ini berguna sebagai pelindung tubuh, karena bersifat antiseptik.

Kuda nil aktif mencari makan di malam hari. Pakannya rerumputan. Pada siang hari, binatang ini beristirahat dengan berendam dalam air di sungai atau danau. Karena itu, hewan ini sering ditemukan di se­kitar perairan umum tersebut. Kuda nil juga pandai berenang dan berjalan di dasar air. Daerah pe­nyebarannya hampir di seluruh Afrika.

Advertisement

Kuda nil beranak dengan melahirkan. Jumlah anak yang dilahirkan satu atau kembar. Bayi kuda nil ini disapih induknya setelah berumur tujuh bulan sampai satu tahun. Pada umur 8-10 tahun, anak kuda nil ini mencapai matang kelamin. Perkawinan kuda nil bisa terjadi sepanjang tahun, dengan puncaknya pada mu­sim hujan. Perilaku kawin terjadi di dalam air, dan melahirkan anak di darat. Kuda nil biasa hidup berkelompok, namun kadang-kadang hidup menyendiri di sekitar kelompok besar. Di pemeliharaab kuda nil dapat hidup sampai 40 tahun.

Advertisement