MENGENAL HENRYK SIENKIEWICZ (1846-1916)

adsense-fallback

Novelis Polandia yang termasyhur terutama lewat karyanya Quo Vadisl (1895). Selain itu, ia meraih hadiah Nobel Kesusastraan (1905).

adsense-fallback

Henryk Sienkiewicz dilahirkan di Wola Odrzejs- ka, Polandia. Ia memperoleh pendidikan di Universitas Warsawa. Sejak pelajar ia sering menulis kritik sastra. Karya fiksinya yang pertama, Na Marne (1872), diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi In Vain.

Karya besarnya, Quo Vadis?, menceritakan peri kehidupan rakyat Romawi di bawah pemerintahan Kaisar Nero yang lalim. Karya ini diterjemahkan ke dalam hampir semua bahasa di seluruh dunia dan sering diangkat ke layar putih serta dipentaskan dalam bentuk drama. Novel masyhurnya yang lain adalah With Fire and Sword (Dengan Api dan Pedang), terbit 1890. Novel ini merupakan bagian pertama dari trilogi (karya tiga serangkai) yang mengisahkan keadaan masyarakat Polandia selama berkecamuknya peperangan melawan pasukan Kozak, Turki, dan Swedia pada 1600-an. Novelnya yang lain adalah Without Dogma (1891) dan Children of the Soil (1895 ).

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback