Advertisement

MENGENAL ERNST KRETSCHMER, (1888-1964) – Ahli psikia­tri asal Jerman. Ia terkenal akan usahanya mengung­kap hubungan antara bangun tubuh seseorang dan gangguan kejiwaan yang (mungkin) dideritanya. Ada tiga bangun tubuh, yakni astenis (tinggi kurus), atletis rata-rata dan berotot), serta piknis (sedang dan tam­bun).

Seorang bertubuh astenis cenderung menderita ski­zofrenia (berkepribadian terpecah-pecah). Yang ber­tubuh atletis umumnya normal, sedangkan yang ber­tubuh piknis cenderung manis-depresif (di satu saat mengalami “depresi” atau kelesuan mendalam, di saat lain mengalami “mania” atau keyakinan yang meng gebu-gebu).

Advertisement

Gagasan Kretschmer tersebut dikritik dan disebut ilmu semu dalam bidang psikologi. Alasannya teruta­ma bahwa Kretschmer tidak mempertimbangkan ting­kat usia dalam perkembangan bentuk tubuh manusia. Namun demikian gagasannya mampu memicu pene­litian lebih jauh di bidang psikologi. Bukunya yang terkenal di bidang penggolongan bentuk tubuh itu adalah Korperbau und Charakter (1921). Ia juga me­nulis buku tentang histeria, refleks, dan instink (1923) serta tentang kehidupan kejiwaan manusia jenius (1929). Walaupun penentang keras Nazi, ia memilih tetap tinggal di Jerman.

Advertisement