Advertisement

MENGENAL ERLAND KOPS – Pemain bulu tangkis pu­tra Denmark yang tujuh kali menjadi juara tunggal putra dan empat kali juara ganda putra (dengan P.E. Nielsen, kemudian dengan H. Boreh) di Kejuaraan Bulu Tangkis All England. Ia meraih dua gelar juara tersebut pertama kali pada tahun 1958.

Dua pemain bulu tangkis Denmark yang juga ter­kenal di All England sebelum Kops adalah Tage Mad- sen (1939) dan Jorn Skaarup (1948). Tage Madsen menghentikan keunggulan para pemain bulu tangkis Inggris dan Irlandia; sedangkan Erland Kops menghentikan keunggulan pemain bulu tangkis Malaya (Malay­sia) generasi Wong Peng Soon dan E.B. Choong. Ketika itu pola permai­nan bulu tangkis berciri­kan pukulan meninggi (lob) dan panjang serta lama (rally), belum mengenal jenis permainan yang mengandalkan paduan antara kelincahan dan daya ta­han tubuh (speed and power) seperti sekarang.

Advertisement

Di Indonesia Kops tidak seterkenal Svend Pri. Prestasi Kops sedang menurun pada saat pemain bulu tangkis Indonesia justru mulai menunjukkan kehebat­annya. Setelah kariernya sebagai pemain bulu tangkis selesai, ia beralih menjadi pelatih. Prestasinya sebagai pemain bulu tangkis menjadi salah satu acuan bagi Rudy Hartono yang kelak menjadi pemain bulu tang­kis Indonesia yang delapan kali berturut-turut men­juarai All England.

Advertisement