MENGENAL DANAU TITICACA

adsense-fallback

Merupakan danau terluas di Amerika Selatan dan danau tertinggi yang dapat dilayari di dunia. Letaknya di perbatasan negara Bolivia dan Peru, tepatnya di Dataran Tinggi Andes dengan ketinggian 3.812 meter di atas permukaan air laut. Panjang danau ini 180 kilometer, lebar 56 kilometer, dan luasnya 8.135 kilometer persegi. Danau ini terbagi dua oleh dua semenanjung, yakni Semenanjung Copacabana di barat dan Huata/Achacachi di timur. Dua bagian danau itu dihubungkan oleh Selat Tiquina di danau bagian utara, dan Selat Chucuito di danau bagian selatan. Di sebelah utara Semenanjung Copacabana terdapat dua pulau kecil, yakni Pulau Titicaca dan Coati, yang menurut mitologi setempat dianggap sebagai pulau matahari dan pulau bulan.

adsense-fallback

Di dekat danau itu menjulang gunung yang selalu tertutup salju abadi, yakni Gunung Cordillera. Danau utara merupakan danau air tawar dan danau selatan dasarnya relatif dangkal dan merupakan rawa-rawa yang banyak ditumbuhi alang-alang. Tumbuhan alang-alang tersebut oleh penduduk setempat, yakni suku bangsa Indian Aymara, digunakan untuk membuat perahu beserta layarnya. Bentuk perahu ini sangat unik dan khas.

Bagian tepi danau ini cukup banyak dihuni penduduk, yang datang sejak wilayah tersebut ditaklukkan oleh suku bangsa Inca (1400 SM). Penaklukan daerah ini dibuktikan dengan adanya reruntuhan peradaban Inca dan pra-Inca di Tiahuanaco.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback