Advertisement

Baihaqi adalah seorang ahli hadis dari kalangan Syafilyah. Nama lengkapnya Ahmad ibnu al-Husein ibnu Ali, Abu Bakr al-Baihaqi, lahir pada 994 (384 H), di Khusrawjerd, satu desa di daerah Baihaq, Naisabur. Ia dibesarkan di kota Baihaq, kemudian pindah ke Bagdad pada masa Sultan Jalal ad-Daulat (416-435 H), dan beberapa waktu ia pernah berdomisili di Kufah dan kota suci Mekah. Pada akhir hayatnya ia kembali ke Naisabur, sampai ia wafat di sana pada 1068 (458 H), dan jenazahnya dibawa kembali ke Khusraw­jerd, desa tempat kelahirannya.

Ia adalah seorang ahli hadis yang terke­nal gigih mempertahankan mazhab Imam Syafil. Imam al-Haramain al-Juwaini (478/ 419 H) seorang ahli usul-fikih dari kalang­an Syafilyah pernah menyatakan bahwa tidak ada seorangpun di antara kalangan Syafilyah sampai masa itu yang melebihi Imam Baihaqi dari segi banyak karya-kar­ya ilmiahnya yang membela dan menjelas­kan mazhab Imam Syafil.

Advertisement

Imam Baihaqi, meskipun tetap meng­anggap dirinya sebagai seorang yang ber­mazhab namun menurut komentar Imam al-Hafiz az-Zahabi dalam bukunya Siyar ATam an-Nubala’, seandainya ia ingin mendirikan suatu mazhab tersendiri dari hasil ijtihadnya, niscaya ia akan mam­pu, karena kealiman dan kemampuan ijti­hadnya yang cukup serta pengetahuannya yang luas tentang sebab-sebab perbedaan pendapat ulama.

Di antara karya-karya ilmiahnya yang dapat kita Inca sampai sekarang ialah ki­tab al-Qira’at Khalf al-Imam, sebuah kitab yang menjelaskan perbedaan pendapat ulama tentang hukum seorang makmum di belakang imam, apakah ia perlu membaca al-fatihah ataukah cukup mendengar­kan bacaan imam saja, kemudian kitab al­Asintt wa as-Sifat, sebuah kitab yang me­nguraikan nama-nama dan sifat-sifat Allah, dan yang paling terkenal ialah kitab as-Su­nan al-Kubra, yang terdiri dari 10 juz. Ki­tab ini banyak berisi hadis-hadis riwayat Imam Syafil, bahkan sebagian besar ha­dis-hadis yang diriwayatkan Imam Syafil dalam al-Musnad-nya telah dipindahkan oleh Baihaqi ke dalam kitab as-Sunan al-Ku brc7-nya tersebut.

 

Advertisement