Advertisement

Mengapa Manusia Perlu Bernegara?, Bayangkan, bila suatu kelompok masyarakat tidak mempunyai negara, apa yang akan terjadi? Bagaimana bila tidak ada wilayah, tidak ada pemerintahan, tidak ada kepala negara? Apakah dalam kondisi seperti itu, masyarakat tadi dapat hidup dengan teratur? Dapatkah mereka menjalankan aturan bersama? Dapatkah mereka melakukan aktivitas hidup dengan tertib?

Pada mulanya, manusia hidup sendiri-sendiri. Selanjutnya, karena tidak dapat memenuhi semua kebutuhan hidupnya, manusia memerlukan teman untuk memenuhi kebutuhan hidupnya itu. Oleh karena itu, mereka kemudian bergabung dengan manusia-manusia yang lain. Karena jumlah mereka semakin banyak, maka diperlukan pemimpin dan aturan-aturan yang disepakati.

Advertisement

Mereka selanjutnya juga memerlukan fasilitas-fasilitas untuk memudahkan jalannya kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mereka membuat aturan-aturan untuk mereka sepakati bersama dalam kehidupan. Mereka juga membagi tugas setiap orang atau setiap kelompok agar semua urusan dapat ditangani tanpa ada penumpukan tugas pada seseorang saja.

Dalam perkembangan selanjutnya, masyarakat memerlukan seseorang yang disegani, yang mempunyai otoritas untuk melakukan tindakan tertentu bila terjadi sesuatu atas mereka. Orang seperti ini diperlukan sebagai penengah bila terjadi konfik di antara mereka. Dia pula selanjutnya yang menjadi pemisah sekaligus hakim dalam persoalan-persoalan yang menyangkut orang banyak. Orang yang berwatak seperti inilah yang kemudian mereka angkat menjadi pemimpin atau raja atau kepala negara

Menurut Munawir Sjadzali (1990:101), teori seperti di atas dikemukakan oleh Ibnu Khaldun. Namun, sebelum Ibnu Khaldun telah ada pula tokoh lain yang telah mengungkapkan teori yang sama, yaitu Plato. Di samping itu, ada pula pemikir-pemikir Islam sebelum I bnu Khaldun yang mengungkapkan teori serupa, yaitu Ibnu Abi Rabr, Farabi, Mawardi, dan Ghazali.Kembali kepada soal mengapa manusia perlu bernegara, tampaknya perlu disimpulkan bahwa manusia tidak akan dapat hidup dengan teratur tanpa adanya negara. Mereka juga tidak akan hidup tertib dan menjamin keamanan bersama, tanpa adanya negara. Tanpa adanya wilayah, ketertiban umum bagi masyarakat juga tidak mungkin terjamin. Jadi apa perlunya orang bernegara? Anda dapat mendiskusikannya lebih lanjut dengan teman-teman.

Advertisement