Advertisement

MENGANALISIS SITUASI DAN PENDENGAR SAAT BERPIDATO. Mengkaji kondisi serta pendengar terutama dahulu jauh sebelum saat berikan satu pidato butuh dikerjakan supaya perbincangan bisa meraih maksudnya. Hal semacam ini kerap tak atau kurang memperoleh perhatian dari seorang yang bakal bicara dihadapan umum hingga hal yang disebut tak terwujud atau maksud tak tentang tujuan.

Mengkaji Kondisi :

Advertisement

Dalam mengkaji kondisi butuh di perhatikan beberapa hal seperti berikut :

1. Maksud pengunjung dengarkan uraian ;

2. Kebiasaan rutinitas atau tata langkah kehidupan pendengar ;

3. Susunan Acara ; Pembicara pada saat awal, di tengah-tengah atau pada akhir acara. Pada saat pagi, siang, sore, atau malam hari ; setelah atau sebelum saat perjamuan dsb.

4. Tempat perbincangan berjalan : di alam terbuka atau didalam suatu ruangan/gedung, ada tempat duduk atau tak, ada pengeras nada atau tak, ada penerangan atau tak, dsb.

Dengan mengkaji beberapa hal tersebut di atas, bakal diperoleh jalan keluar untuk mempersiapkan beberapa cara bagaimana pembicara mesti beradaptasi dalam mengemukakan uraiannya serta berikan jalan untuk memastikan satu sikap yang iiarus di ambil dalam hadapi beberapa pendengar.

Mengkaji Pendengar :

Terdapat banyak hal yang bisa digunakan untuk mengkaji pendengar yang bakal dihadapi :

a. Data-data Umum

Yang butuh di perhatikan dalam data-data umum ini yaitu : jumlah pendengar, umur, pekerjaan, pendidikan, serta keanggotaan sosial atau politik.

b. Data-dataKhusus

Data-data spesial yang butuh memperoleh perhatian mencakup :

1. Pengetahuan-pendengar tentang tema yang dibawakan.

Dalam hal semacam ini pembicara mesti berupaya bisa memastikan seberapa dalam pengetahuan pendengar perihal tema perbincangan yang bakal di sampaikan.

2. Ketertarikan serta hasrat pendengar.

Dalam hal semacam ini pembicara mesti berupaya tahu apa yang dibutuhkan oleh pendengarnya, terlebih kepentingan yang bisa menghubungkan pen-dengar dengan tema perbincangannya.

3. Sikap pendengar.

Dalam garis besarnya sikap beberapa pendengar pada satu tema pembica raan bakal lahir dalam satu diantara wujud tersebut : menyimpan perhatian atau sekalipun apatis. Sedang pada pembicara sendiri beberapa pendengar bisa mengambil sikap bersahabat, serta sikap angkuh

Sikap apatis senantiasa timbul apabila pendengar tak lihat ada jalinan pada pokok perbincangan serta kebutuhan atau masalah hidup mereka. Oleh karenanya, pembicara sebaiknya senantiasa berupaya untuk mengaitkan pokok perbincangannya dengan masalah hidup pendengar.

Sikap pendengar pada pembicara benar-benar ditetapkan oleh sikap mereka, sejauh mana keintiman atau keakraban mereka dengan pembicara, seberapa tinggi penghargaan mereka pada pembicara berkenaan dengan pengetahuan pembicara perihal tema yang dibawakan itu.

Apabila kita sudah beroleh dara serta info perihal kondisi serta sikap pendengar dengan cara umum dan karakter pertemuan, keharusan pembicara selanjut-nya yaitu berupaya supaya bisa beradaptasi dengan kondisi itu. Penyesuaian diri im benar-benar utama supaya maksud perbincangan terwujud.

Incoming search terms:

  • bagaimana cara menganalisi pendengar
  • mengapa perlu menganalisis situasi dan pendengar

Advertisement
Filed under : Review, tags:

Incoming search terms:

  • bagaimana cara menganalisi pendengar
  • mengapa perlu menganalisis situasi dan pendengar