MAKNA TEORI KOGNITIF

adsense-fallback

Teori-teori yang sudah diuraikan di atas tergolong teori-teori determinisme (to determineberarti menentukan). Artinya, keadaan diri seseoranglah (karena naluri, bakat, sifat atau gen) yang akan menentukan perilaku sosial seseorang. Jenis teori ini tampak pada golongan teori Psikonalisis dan Bio-sosial. Jenis determinisme kedua adalah bahwa keadaan lingkunganlah yang menentukan perilaku sosial seseorang. Seperti yang dinyatakan oleh kaum Behavioris, jika ada rangsang atau rangsang diskriminan, akan bereaksilah seseorang. Reaksinya pun sangat ditentukan oleh jenis rangsangnya-.’Rangsang yang menyenangkan diikuti oleh perilaku yang berbeda dari perilaku yang timbul karena rangsang yang tidak menyenangkan.

adsense-fallback

Akan tetapi, baik dalam determinisme individu maupun determinisme lingkungan, terdapat penganut-penganut yang tidak puas, misalnya Erik Erikson pada kelompok psikoanalis dan Bandura serta Brofenbrenner dari kelompok teori belajar sosial. Mereka berpendapat bahwa pandangari determinisme tidak memandang manusia seutuhnya. Dalam paham determinisme, kata mereka, perilaku manusia dianggap sebagai objek atau akibat saja. Padahal, manusia harus dilihat sebagai subjek yang mempunyai peran besar untuk menentukan perilakunya sendiri. Jadi, yang benar adalah adanya interaksi antara faktor individu dan faktor ling-kungan dalam proses terjadinya perilaku. Paham mereka jadinya dinamakan paham interaksiCiri teori interaksio- nisme adalah bahwa perilaku dianggap sebagai hasil interaksi antara faktor-faktor yang terdapat dalam diri sendiri dan faktor luar. Jadi, manusia dan lingkungannya merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan.

Akan tetapi, timbul pertanyaan, di manakah proses interaksi itu terjadi? Jawaban para pakar adalah pada kesadaran atau kognisi seseorang. Kognisi adalah bagian dari jiwa manusia yang mengolah inf ormasi, pengetahuan, pengalaman, dorongan, perasaan, dan sebagainya, baik yang datang dari luar maupun dari dalam diri sendiri sehingga terjadi simpuian-simpulan yang selanjutnya menghasilkan perilaku.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback