PROMOSI KUNCI SUKSES PEMASARAN PRODUK

23 views

Dalam memasarkan hasil produksi harus diperhatikan empat faktor utama yaitu:

1. Product (produk); Benda atau barang yang merupakan subyek utama untuk pencapaian tujuan, oleh sebab itu produk yang dihasilkan harus benar-benar diteliti baik dari segi kualitas, kemasan, khasiat/kegunaan, merek (pemberian nama pada hasil produksi yang mudah diingat), adanya purna jual. Produk harus mampu bersaing dan dapat menjadi kebutuhan masyarakat (Kotler Philip. 2002).

2. Price (harga); Kebijakan harga pokok pada suatu produk juga sangat berpengaruh, jika ada barang yang sejenis dengan harga yang berbeda/ selisih harga, maka masyarakat akan mengejar perbedaandari harga yang dianggapnya rendah, namun hargapun dapat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti keunggulan dari produk, kualitas/ mutu, kemasan/package dan promosi yang diadakannya.

3. Place/distribusi; Distribusi merupakan sasaran utama dalam menyampaikan hasil produksi kepada masyarakat yang membutuhkan. Penyampaian ini dapat melalui distributor atau pengecer langsung. Biasanya perusahaan memberikan komisi kepada distributor dan distributor pun masih bisa untuk menaikkan harga jual. Selain itu untuk mempermudah distribusi hasil produksi dibuka cabang-cabang dibeberapa kota tertentu agar memudahkan pendistribusian dari produsen kepada para konsumen.

4. Promotion(promosi); Agar produk yang kita hasilkan dapat dikenal dan dikonsumsi oleh para konsumen, cara tepat yang kita gunakan adalah dengan promosi, yaitu mengenalkan kepada masyarakat mengenaik produk yang kita miliki, sehingga hal tersebut akan lebih memudahkan para konsumen mengetahui manfaat dan kegunaan dari produk yang kita miliki. Promosi dapat dilakukan dengan melalui media, antara lain adalah:

(1) Media elektronik, seperti televisi, radio, internet

(2) Media cetak, sepertikoran, leaflet, poster

(3) Seminar, sponsorship, pemberian sample produk

(4) Demonstrasi langsung pada masyarakat dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *