KONFERENSI PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA PADA PERDAGANGAN DAN PEMBANGUNAN

22 views

UNITED NATIONS CONFERENCE ON TRADE AND DEVELOPMENT (UNCTAD) / KONFERENSI PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA PADA PERDAGANGAN DAN PEMBANGUNAN adalah suatu lembaga multinasional yang didirikan pada tahun 1965 untuk mewakili kepentingan ekonomi dari NEGARA-NEGARA BERKEMBANG (DEVELOPING COUNTRIES) dan meningkatkan ORDE EKONOMI INTERNASIONAL BARU (NEW INTERNATIONAL ECONOMIC ORDER). Tugas utama UNCTAD dilaksanakan pada suatu seri konferensi yang dilakukan sekali empat tahun dan memusatkan diri pada tiga bidang perhatian tertentu dari negara-negara berkembang yaitu:
(a) EKSPOR (EXPORT) manufaktur, yang merundingkan kebebasan TARIF (TARIFFS) dan KUOTA (QUOTA) untuk memasuki pasar di negara-negara maju. Hal ini merupakan tambahan atas kemudahan-kemudahan yang diperoleh melalui PERJANJIAN UMUM TENTANG TARIF DAN PERDAGANGAN (GENERAL AGREEMENT ON TARIFFS AND TRADE) .
(b) ekspor komoditi, yang mengupayakan perpanjangan PERJANJIAN KOMODITI INTERNASIONAL ( INTERNATIONAL COMMODITY AGREEMENT) yang ditujukan untuk menstabilkan harga ekspor dari produk-produk primer sebagai suatu alat untuk menstabilkan pendapatan mata uang asing atau valuta asing negara-negara berkembang dan pendapatan produsen.
(c) BANTUAN EKONOMI (EDONOMIC ALD) , yang mengupayakan adanya suatu volume bantuan keuangan yang lebih besar dan adanya transfer teknologi dari negara-negara maju.
Sejauh ini, usaha UNCTAD tidak begitu berhasil, terutama karena negara-negara maju, khususnya dalam kondisi perekonomian yang sulit yang terjadi sejak peningkatan harga minyak pada tahun 1973, belum siap untuk mendukung prakarsa-prakarsc UNCTAD secara penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *