Advertisement

Jurnal adalah media pertukaran inf ormasi dan hasil-hasil penelitian ilmiah di bidang ilmu pengetahuan tertentu. Judul-judul jurnal menggambarkan isi jurnal itu dan karenanya dengan memperhatikan perkembangan dan perubahan judul-judul jurnal dari suatu ilmu pengetahuan kita dapat mengetahui perkembangan pemikiran para peneliti dari bidang ilmu yang bersangkutan.

Dalam bidang psikologi sosial, sebagaimana yang tercatat dalam buku karangan Shaver (1977), jurnal yang pertama diterbitkan pada tahun 1922 oleh Morton Pririce yang ketika itu berpendapat bahwa Psikopatologi (cabang psikologi tentang perilaku menyimpang) ada kaitannya dengan perilaku sosial. Oleh karena, itu jurnal yang pertama tersebut dinamakannya “Journal of Abnormal & Social (Jurnal Psikologi Abnormal dan Psikologi Sosial).

Advertisement

Pada tahun 1965 (43 tahun kemudian) barulah jurnal itu dipisah menjadi dua, yaitu:

1. journal of Abnormality (Jurnal Abnormalitas) dan

2. Journal of Personality & Social (Jurnal Psikologi Kepribadian dan Psikologi Sosial).

Tampaknya cukup sulit dan memakan waktu lama untuk menyesuaikan isi sebuah jurnal dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Karena itulah sementara itu telan terbit pula berbagai jurnal dalam bidang Psikologi Sosial yaitu berturut-turut sebagai berikut:

1930 Journal of Social Psichology(Jurnal Psikologi Sosial)

1945 Journal of Social Issues (Jurnal Isu-ku Sosial)

1966 Journal of Experimental Soc (Jurnal Psikologi Sosial Eksperimental)

1970 Journal of Representative Res (Jurnal Penelitian yang mewakili psikologi sosial)

1971 Journal of Applied Social Psy (Jurnal Psikologi Sosial Terapan)

1974 Personality & Social Psycholog (Warta Psikologi Kepribadian dan Psikologi Sosial)

Tiga hal yang terlihat dalam perkembangan jurnal-jurnal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Ruang lingkup psikologi sosial makin meluas dari hanya terkait dengan psikologi abnormal menjadi terkait juga dengan kepribadian dan akhirnya meluas lagi kepada isu-isu sosial yang tidak terbatas. Jurnal tentang isu-isu Sosial diterbitkan oleh salah satu divisi dari APA (American Psychological Association), yaitu SPSSI (Social Psychological Studies on Social Issues) yang mengkhususkan diri dalam penelitian-penelitian tentang isu-isu sosial (politik, hukum, hak asasi, perbedaan jenis kelamin, dan lain-lain) yang semuanya diteliti dengan menggunakan pendekatan dan metode psikologi sosial.

2. Psikologi sosial makin menggunakan metode riset dan eksperimental yang sangat sedikit digunakan pada awal perkembangannya.

3. Psikologi sosial melebar juga ke bidang terapan sehingga ilmu ini menjadi ilmu terapan.

Advertisement