INTEGRASI PERDAGANGAN DAN SENJANG PERDAGANGAN

22 views

TRADE GAP / SENJANG PERDAGANGAN adalah suatu defisit dalam NERACA PERDAGANGAN (BALANCE OF TRADE) yang meningkat ketika nilai EKSPOR NYATA (VISIBLE EXPORTS) dari suatu negara lebih kecil dibandingkan dengan nilai IMPOR NYATA ( VISIBLE IMPORTS). Suatu senjang perdagangan dapat ditutupi oleh surplus-surplus yang dihasilkan oleh sektor lain pada NERACA PEMBAYARAN (BALANCE OF PAYMENT). Lihat TERMS OF TRADE, BALANCE-OF-PAYMENTS EQUILIBRIUM.

TRADE INTEGRATION / INTEGRASI PERDAGANGAN adalah pengembangan PERDAGANGAN BEBAS (FREE TRADE) di antara sejumlah negara-negara dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari SPESIALISASI (SPECIALIZATION) internasional. Terdapat empat bentuk utama integrasi perdagangan, mulai dari suatu asosiasi mitra dagang yang tidak mengikat sampai pada suatu kelompok negara yang berintegrasi secara penuh :
(a) WILAYAH PERDAGANGAN BEBAS (FREE TRADE AREA) , di mana anggota- anggotanya menghapuskan hambatan-hambatan perdagangan di antara mereka sendiri, akan tetapi tetap melaksanakan hambatan-hambatan tertentu terhadap negara bukan merupakan anggota.
(b) SERIKAT PABEAN (CUSTOMS UNJON), di mana anggota-anggota menghapuskan hambatan-hambatan perdagangan di antara mereka sendiri dan menciptakan hambatan-hambatan yang seragam terhadap negara bukan merupakan anggota, seperti suatu tarif eksternal yang umum.
(c) PASAR UMUM (COMMON MARKET), yaitu suatu serikat pabean yang memberikan ruang gerak yang bebas bagi tenaga kerja dan modal keluar dari perbatasan nasional.
(d) SERIKAT EKONOMI (ECONOMIC UNION), yaitu suatu pasar umum yang mengintegrasikan tujuan-tujuan umum anggota dalam hal pertumbuhan ekonomi dan lain sebagainya, serta harmonisasi dari kebijakan moneter, fiskal, dan kebijakan lainnya.
Lihat juga GAINS FROM TRADE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *