Advertisement

Hasil Akhir Fotosintesis, Pernah terbiasa karbohidrat dianggap merupakan hasil akhir fotosintesis. Dengan pengetahuan bahwa asam fosfogliserat adalah perantara pertama yang stabil, sekarang dipahami bahwa tak ada sekelompok senyawa organik pun yang dapat ditunjuk sebagai satu-satunya hasil akhir fotosintesis. Asam fosfogliserat menempati kedudukan pusat pada metabolisme tumbuhan dan dapat langsung diubah menjadi protein atau lemak maupun karbohidrat. Jadi hasil reaksi fotosintesis dapat berbeda pada berbagai sel dan pada sembarang waktu pada sel yang sama.

Hendaknya juga ditekankan bahwa tak ada sebuah reaksi pun pada tahap kimia yang melibatkan cahaya atau klorofil secara langsung. Tahap fotokimia menyediakan elektron (sebagai NADP tereduksi) untuk mereduksi asam fosfogliserat, dan menyediakan energi kimia dalam bentuk molekul ATP. Jika persyaratan ini dapat dipenuhi dengan cara lain, daur itu akan berlangsung dalam keadaan gelap. Bahwa reaksi itu dapat berjalan demikian telah ditunjukkan oleh pembentukan gula dari karbon dioksida dalam gelap, dalam campuran yang terdiri atas NADPH, ATP, dan enzim yang diperlukan dari stroma pada kloroplas.

Advertisement

Setelah reaksi-reaksi yang terlibat pada tahap fotokimia fotosintesis diuraikan secara terpisah, kini seluruh proses itu dapat diringkas dalam bentuk sebuah diagram (  17.13).

 

Advertisement