Advertisement

Gramatikal dan Leksikal; Determinasi dan Modalitas, Monem gramatikal sering dibedakan dari monem leksikal. Untuk melakukannya, disusun daftar satuan-satuan yang mungkin muncul di tempat tertentu di dalam rangka sintagma otonom. Mo­nem leksikal adalah monem yang menjadi bagian daftar tak terbatas. Monem gramatikal adalah monem yang mungkin ditukar pada posisi tertentu dengan sejumlah monem yang relatif sedikit. Frekuensi rata-rata dari monem gramatikal seperti dari, untuk, dengan atau dalam bahasa Perancis de, pour, avec jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan monem leksikal seperti buku, bagus, makan: jika kita ambil teks sembarang yang di satu pihak dihitung semua preposisinya dan di lain pihak, semua kata benda yang dijumpai secara berurutan, kemu­dian kita bagi angka yang diperoleh untuk masing-masing unsure dengan jumlah preposisi yang berbeda, maka hasilnya akan jauh le­bih tinggi untuk preposisi daripada untuk kata benda.

Pembedaan tradisional antara sebutan gramatikal dan sebutan leksikal tidak menguntungkan karena merancukan satuan-satuan yang sama sekali berbeda di dalam kelas yang sama. Misalnya, mo­nem fungsional seperti preposisi dan kasus yang menghubungkan ber­bagai unsur ujaran yang berbeda, kemudian disatukan dengan kata sandang atau desinensi kala atau modus yang hanya merupakan de-terminator dari monem lain, seperti juga adjektiva kecil yang me­rupakan determinator dari kata benda pohon dalam pohon kecil, atau seperti buku yang merupakan determinator dari membaca di dalam Indra membaca buku.

Advertisement

Akan jauh lebih menarik untuk membedakan antara berbagai monem non-fungsional. Di satu pihak monem yang mungkin men­dapat determinasi, artinya disertai oleh monem imbuhan yang me­nepatkan maknanya: misalnya kata benda seperti pohon (pohon ke­cil), sebuah adjektiva seperti kecil (sangat kecil), dan sebuah adverbia seperti dapat (akan dapat), serta sebuah kata kerja seperti membaca (...membaca buku), dan di lain pihak, sebuah kata sandang seperti dalam bahasa Perancis le (le bateau) atau sebuah monem kala seperti “imparfait” -ait dalam mangeait ‘makan’ yang menerangkan monem lain, namun tidak dapat diterangkan. Monem jenis yang terakhir ini­lah yang disebut modalitas.

Advertisement