FUNGSI DAN PENGERTIAN KOPLING

adsense-fallback

FUNGSI DAN PENGERTIAN KOPLING – Suatu peralatan mesin yang berfungsi menghubungkan poros penggerak daya ke roda-roda dan meneruskan putaran dari satu poros ke poros lain­nya. Berdasarkan cara kerjanya ada dua jenis, kopling tetap dan kopling gesek atau kopling tidak tetap.

adsense-fallback

Kopling tetap bekerja menyambung atau melepas hubungannya ketika poros penggerak dalam keadaan berhenti. Tetapi kopling gesek dapat digunakan saat poros penggeraknya sedang berputar. Contohnya ko­pling sepeda motor, kopling mobil, dan lainnya. Yang termasuk kopling tetap adalah kopling bus, kopling jepit, kopling flensa kaku, kopling flensa luwes, ko­pling kapal, kopling silang yang sering disebut ko­pling kardan, dan kopling oldham. Yang termasuk ko­pling gesek adalah kopling gesek datar (pada mobil dan sepeda motor) baik yang berpelat gesek tunggal maupun ganda, kopling kerucut, kopling sentrifugal, kopling magnet, kopling hidrolik, dan kopling cakar.

Kopling tetap digunakan bila sambungan porosnya tidak perlu dilepas lagi selama operasi, misalnya hu­bungan antara motor listrik dan pompa air atau antara motor diesel dan generator. Kopling gesek digunakan untuk mengatur kemampuan putar poros penggerak terhadap poros yang digerakkan. Misalnya kopling otomotif. Ketika mobil akan berjalan diperlukan torsi yang besar; untuk itu poros penggerak harus berputar cepat. Dan setelah mobil berjalan agak cepat, torsi yang dibutuhkan relatif lebih kecil sehingga kecepat­an poros penggerak dapat dikurangi atau kecepatan poros yang digerakkan dapat ditinggikan. Kopling yang digunakan untuk mengatur perubahan kecepatan pada transmisi dipasang antara poros penggerak daya dan transmisi roda gigi.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback