Advertisement

Sebagai cabang yang termuda dari ilmu yang masih muda juga (Psikologi berdiri sebagai ilmu yang mandiri sejak 1879, lihat. Definisi psikologi sosial masih belum menemukan. rumusannya yang tunggal yang disepakati oleh semua pihak.

Besar kemungkinan bahwa rumusan tunggal itu tidak akan pernah tercapai karena ruang lingkup psikologi sosial itu sendiri sangat luas dan berkembang terus dari masa ke masa. Selain itu, para peneliti pun mempelajari psikologi sosial ini dari berbagai sudut pandang yang selalu berbeda-beda sesuai dengan lingkup masing-masing.

Advertisement

Oleh karena itu, sebagai langkah awal dari upaya mempelajari psikologi sosial, yang pertama kali harus diketahui adalah berbagai definisi yang ada dalam literatur. Pengetahuan tentang berbagai definisi itu akan mempermudah kita untuk lebih mengerti hakikat psikologi sosial sehingga selanjutnya kita mampu mencari benang merahnya dan merumuskan sendiri definisi yang akan kita anut sesuai dengan tujuan kita dalam mengadakan penelitian atau mempelajari ilmu ini. Berikut akan diuraikan berbagai definisi tentang psikologi sosial sebagaimana yang ditulis oleh para peneliti dalam berbagai buku tentang psikologi sosial.

Advertisement