Advertisement

Nifas yang juga dinamai dengan wild-dah ialah darah yang keluar dari alat kelamin wanita seteiah melahirkan (bersalin). Me­nurut sebagian ulama, tidak ada batas mi­nimal masa nifas; sedangkan sebagian yang lain menetapkannya sekali keluar darah atau lahzat dalam istilah fikih.

Para ulama fikih juga berbeda pendapat mengenai batas maksimal waktu nifas. Ada yang berpendapat 40 hari, dan ada pula yang menyatakan 60 hari. Menurut yang disebutkan kedua, 40 hari itu bukan batas maksimal melainkan hanya merupa­kan batas yang umum terjadi di kalangan kebanyakan wanita yang melahirkan.

Advertisement

Terlepas dari perbedan pendapat yang telah disinggung di atas, para ulama agak­nya telah sepakat bahwa wanita yang jelas­jelas tidak lagi keluar darah wiladahnya, dianggap selesai masa nifasnya walaupun belum sampai 40 hari. Oleh karena itu jika seorang wanita melahirkan tanpa menge­luarkan darah samasekali atau mengeluar­kan darah sekali kemudian tidak lagi ke luar darahnya, ia diharuskan mandi dan dibolehkan bahkan diwajibkan mengerja­kan hal-hal yang dibolehkan atau diwajib­kan bagi orang-orang yang dalam keadaan suci seperti mengerjakan salat dan puasa.

Selain yang disebutkan di atas, para ulama fikih juga berlainan pendapat ten-tang boleh tidaknya meninggalkan salat bagi wanita yang masih tetap keluar darah setelah masa empat puluh hari berlalu. Menurut sebagian mereka, yang konon di­sebut-sebut sebagai pendapat jumhur (ke­banyakan ulama), wanita yang masa nifas­nya telah mencapai 40 hari wajib menger­jakan salat meskipun masih terus keluar darah. Sedangkan menurut sebagian yang lain, tidak harus mengerjakan salat bila masih keluar darah meskipun telah lewat dari empat puluh hari.

Perbedaan pendapat ini timbul, disebab­kan ketidaksamaan pendapat mereka me­ngenai batas maksimal masa nifas seperti yang telah disebutkan terdahulu.

Dalam pada itu, wanita yang sedang da­lam keadaan nifas diharamkan (dilarang) mengerjakan hal-hal berikut:

(1)  salat

(2)  puasa

(3)  bersetubuh atau jimak

(4)  membaca, mernegang dan membawa al-Quran

(5)  masuk mesjid

(6)  tawaf

Advertisement