Advertisement

Nawafil adalah jamak dari natilah, sua­tu istilah yang dipakai untuk salat sunah, yaitu selain dari salat yang diwajibkan. Dalam syariat Islam, di samping salat wa­jib, seperti salat lima waktu, ada lagi salat yang dianjurkan untuk dilaksanakan. An­tara lain sebagai berikut:

Salat sunnah rawatib. Yaitu salat sunnah yang dilakukan sebelum dan sesudah salat fardu: dua rakaat sebelum zuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakat sebelum asar, dua rakaat sesudah magrib, dua ra­kaat sesudah isya, dan dua rakaat sebelum subuh, seperti dijelaskan dalam sebuah ha­dis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Di antara salat-salat sunnah rawa­tib yang tersebut di atas, yang paling di­anjurkan oleh Rasulullah ialah dua rakaat  sebelum salat subuh. Dalam sebuah hadis, Aisyah menceritakan bahwa tidak ada sa­lat sunnah yang paling diutamakan oleh Rasulullah selain salat sunnah dua rakaat sebelum salat subuh. (H.R. Bukhari dan Muslim).

Advertisement

Salat Tahiyyat al-Masjid, yaitu salat sun­nah dua rakaat untuk menghormati mesjid. Dilakukan di waktu seseorang masuk ke dalam mesjid sebelum ia duduk. Dalam se­buah hadis yang diriwayatkan oleh Bukha­ri dan Muslim dikatakan bahwa Rasulullah bersabda: “Apabila ada di antara kalian yang masuk mesjid, maka janganlah ia duduk sebelum, melakukan salat dua raka­at.”

Salat duha, yaitu salat sunnah yang dila­kukan di waktu duha; sekitar jam delapan sampai dengan waktu tergelincir matahari. Jumlah rakaatnya paling sedikit dua raka­at dan paling banyak dua belas rakaat. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dijelaskan bah­wa Rasulullah berpesan agar seseorang ber­puasa tiga hari tiap-tiap bulan, salat duha dua rakaat dan salat witir sebelum tidur. Dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Tirmizi dan Ibnu Majah, Rasulullah ber­sabda: “Barangsiapa yang melakukan salat duha dua belas rakaat, akan disediakan Allah untuknya sebuah istana di dalam surga.”

Salat sunnahwudu,yaitu salat sunnandua rakaat yang dilakukan sesudah melakukan wudu. Dalilnya ialah sebuah hadis yang di­riwayatkan oleh Imam Muslim yang men­jelaskan bahwa Rasulullah bersabda: “Siapa-siapa yang melakukan wudu de­ngan baik akan diampuni Allah dosanya yang terjadi di antara melakukan wudu dan salat (sunnah wudu) yang dilakukan se­sudahnya.”

Salatsunnah to bat, yaitu salat sunnah dua rakaat, memohon ampun kepada Allah. Seseorang yang merasa melanggar larangan Allah atau merasa melalaikan suruhan►-Nya, hendaklah bertobat. Di antara usaha untuk memohon ampunan itu ialah dengan mela­kukan salat sunnandua rakaat lebih dahulu, kemudian ia memohon ampun kepada Allah.

Advertisement