Advertisement

Mesofil, Mesofil adalah daerah yang paling utama untuk fotosintesis. Mesofil terdiri atas sel-sel parenkima berdinding tipis berisi kloroplas dan terpisah satu dari yang lain oleh ruang antarsel. Mesofil mungkin relatif homogen tetapi pada umumnya :erbagi menjadi dua bagian, yaitu palisade dan lapisan bunga karang. Pada daun kebanyakan dikotil berkayu, palisade :erletak di sebelah atas daun (adaksial), lapisan bunga karang di sebelah bawah (abaksial). Daun yang seperti itu disebut daun dorsiventral (  8.6). jika jaringan palisade berada pada kedua belah lembaran daun, yang sering terjadi pada daun-daun tumbuhan yang hidup pada habitat kering, daun itu disebut isobilateral (  8.7). Daun yang isobilateral dapat saja terjadi jika palisade. tidak ada atau kurang berkembang seperti pada berbagai dikotil terna dan pada kebanyakan monokotil.

Lapisan palisade dapat mempunyai ketebalan satu sampai tiga sel dan terdiri atas parenkima yang memanjang dan penuh sesak oleh kloroplas. Tidak ada bagian lain dari tumbuhan yang mengandung kloroplas sebanyak jaringan palisade ini, yang merupakan daerah utama fotosintesis bagi seluruh bagian tumbuhan. Sel-sel palisade tersusun tegaklurus dengan permukaan daun dan jika dilihat pada penampang vertikal daun, mirip dengan papan pagar (karena itu disebut palisade = pagar kayu). Walaupun pada penampang vertikal sel palisade tampak bertumpuk rapat, pada penampang yang sejajar dengan permukaan daun (yaitu penampang paradermal) mereka tampaknya bundar dan terpisah-pisah oleh berbagai ruang antarsel, agak mirip dengan seikat tongkat (  8.8). Ruang antarsel yang sempit ini secara tidak langsung berhubungan dengan ruang pada jaringan bunga karang.

Advertisement

Lapisan bunga karang terdiri atas sel-sel yang tersusun lepas, kebanyakan bercabang tak teratur dan saling berhubungan di ujung cabang itu. Karena tersusun seperti itu, lapisan ini berbentuk bunga karang (dari situlah diambil nama jaringan ini) dengan sistem ruang antarsel yang intensif. Seperti telah dikemukakan tadi, ruang udara yang besar dan khusus selalu ada di bawah tiap stomata. Volume ruang udara pada mesofil bunga karang sering lebih besar daripada volume yang ditempati oleh sel-sel lain. Lapisan bunga karang ini merupakan bagian utama transpirasi pada daun, dan sel-selnya biasanya memiliki kloroplas lebih sedikit dariada sel palisade. Sistem ruang antarsel ekstensif yang menyebabkan daya serap mesofil membentuk daerah permukaan dalam yang luasnya beberapa kali lebih besar daripada yang terdapat di antara epidermis dan atmosfer. Permukaan dalam yang luas ini merupakan salah satu faktor yang menaikkan efisiensi pertukaran gas antara daun dan atmosfer.

 

Advertisement