Advertisement

Binatang laut yang dikenal juga dengan nama timun laut. Tubuhnya panjang silindris, berbentuk kumparan, lurus atau bengkok, dan dapat mencapai ukuran 90 sentimeter. Warnanya cokelat kekuningan, kehitaman, keputihan, kelabu, merah, ungu, atau jingga. Tubuhnya berkulit keras dan tidak berangka. Di dalam kulitnya terdapat batang-batang kapur berukuran mikroskopis. Permukaan kulitnya licin, berbintil-bintil, atau bertonjolan. Mulutnya yang terletak di ujung muka dikelilingi 5 – 50 tentakel bei^ cabang-cabang yang dapat ditarik. Di ujung belakangnya terdapat anus. Teripang dapat berjalan lambat dengan menggunakan kaki tabung atau kaki ambula- kral. Kaki tabung ini tersusun lima baris memanjang ke belakang; tiga baris pada bagian perut dan dua baris pada bagian punggung. Kaki tabung yang berada di bagian punggung hanya berupa tonjolan saja. Binatang ini bernapas dengan semacam insang. Insang ini berupa tabung panjang bercabang-cabang. Kelaminnya terpisah. Telurnya dibuahi di luar tubuh induk, di dalam air. Telur menetas menjadi larva; dan larva tumbuh menjadi teripang dewasa. Beberapa jenis teripang, bila terganggu, akan mengeluarkan suatu zat mirip getah. Makanannya plankton dan materi organik yang terdapat di dasar perairan. Habitatnya perairan yang berdasar pasir atau pasir berlumpur sampai kedalaman beberapa puluh meter. Sampai sekarang diperkirakan ada lebih dari 500 jenis teripang. Beberapa jenis telah sering dimanfaatkan penduduk daerah pantai sebagai makanan, bahkan dijual dan diekspor.

Ada beberapa jenis teripang di Indonesia.

Advertisement

Teripang Batu Keling bertubuh langsing dengan bagian tengah agak menggembung. Warnanya hitam; kadang-kadang kaki tabungnya berwarna kuning.

Teripang Bilalo bertubuh hampir bulat telur dan gembung. Kulitnya berbintil-bintil. Warnanya cokelat. Bagian perutnya berwarna agak muda, sedangkan bagian sisinya berbintik-bintik putih.

Teripang Getah bertubuh panjang dan langsing. Warnanya cokelat sampai cokelat kelabu. Bila tertangkap atau dipegang, binatang ini akan mengeluarkan suatu zat seperti getah.

Teripang Kasur termasuk jenis teripang yang dapat dimakan. Tubuhnya berbentuk bulat panjang, berbintil-bintil. dan berwarna kekuningan. Panjang tubuhnya 20 – 30 sentimeter.

Teripang Lotong bertubuh silindris dan berwarna hitam kecokelatan atau kekuningan. Panjang tubuhnya 20-25 sentimeter. Jenis teripang ini banyak ditangkap untuk dimakan dan diperjualbelikan.

Teripang Nanas bertubuh bulat panjang. Teripang yang masih muda berduri-duri; setelah teripang tua, duri-durinya berubah menjadi tonjolan-tonjolan panjang. Panjang tubuhnya sampai 30 sentimeter. Jenis teripang ini tidak biasa dimakan.

Teripang Pasir bertubuh bulat lonjong. Punggungnya berwarna kelabu dan bergaris-garis hitam melintang. Warna perutnya putih kekuning-kuningan, sedangkan kaki tabungnya kehitaman.

Teripang Patola bertubuh bulat panjang. Punggungnya berwarna cokelat kehijauan, sedangkan perutnya cokelat. Pada punggung dan bagian sisinya terdapat bercak-bercak cincin kelabu. Panjang tubuhnya 25 – 35 sentimeter.

 

 

Incoming search terms:

  • cara berkembang biak teri pang
  • Bagaimana cara berkembang biak teripang
  • tripang berkembang biak dengan

Advertisement
Filed under : Ilmu Alam, tags:

Incoming search terms:

  • cara berkembang biak teri pang
  • Bagaimana cara berkembang biak teripang
  • tripang berkembang biak dengan