BIAYA VARIABEL DAN PEMERIKSAAN NILAI ATAS UANG

24 views

VALUE FOR MONEY AUDIT / PEMERIKSAAN NILAI ATAS UANG adalah Suatu penilaian apakah agen umum atau perusahaan telah memberikan “nilai atas uang” dalam menyediakan barang-barang atau jasa-jasa. Hal ini biasanya melibatkan suatu penelitian bebas terhadap cara bagaimana suatu agen umum atau perusahaan mengorganisir dirinya untuk menyediakan produk-produk dan biaya penyediaan yang timbul karenanya, serta apakah BIAYA EFEKTIF (COST EFFECTIVE) alat-alat persediaan lebih banyak digunakan atau tidak.
Lihat COST-BENEFIT ANALYSIS.

VARIABLE COSTS / BIAYA VARIABEL adalah setiap BIAYA (COSTS) yang cenderung untuk berubah secara langsung sejalan dengan berubahnya tingkat output. Biaya variabel merupakan pembayaran untuk penggunaan MASUKAN FAKTOR VARIABEL (VARIABLE FACTOR-INPUTS) (bahan-bahan mentah, tenaga keija dan sebagainya). Kurva biaya variabel total JANGKA PENDEK (SHORT RUN) (TC) mempunyai bentuk “S”, karena pada tingkat output yang rendah, biaya variabel total meningkat secara lambat (karena pengaruh dari PENGEMBALIAN TERHADAP MASUKAN FAKTOR VARIABEL (RETURNS TO VARIABLE FACTOR-INPUT), sementara pada tingkat output yang tinggi, biaya variabel total meningkat dengan lebih cepat (karena pengaruh dari PENGEMBALIAN terhadap masukan faktor variabel yang menurun). Biaya variabel rata-rata pertama-tama mengalami penurunan (mencerminkan pengembalian terhadap masukan faktor variabel yang meningkat), akan tetapi kemudian mengalami peningkatan (mencerminkan pengembalian terhadap masukan faktor variabel yang menurun).
Dalam TEORI PASAR (THEORY OF MARKETS) , suatu perusahaan akan meninggalkan suatu pasar apabila dalam jangka pendek perusahaan tersebut tidak dapat menghasilkan TOTAL PENDAPATAN (TOTAL REVENUE) yang cukup untuk menutup biaya variabel totalnya. Jika perusahaan dapat menghasilkan total pendapatan yang cukup untuk menutup biaya variabel total dan memberikan sebagian kontribusi terhadap BIAYA TETAP (FIXED COST) total, maka perusahaan tersebut akan terus melakukan produksi dalam jangka pendek walaupun masih menderita suatu kerugian.
Lihat juga MARKET EXIT, LOSS MINIMIZATION.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *