Advertisement

Perkembangan demokrasi di Indonesia dapat dibagi dalam dua tahapan yaitu tahapan pra kemerdekaan dan tahapan pasca kemerdekaan. Seperti dikemukakan oleh Jimly Asshiddiqie telah tumbuh praktik yang dapat dikaitkan dengan gagasan kedaulatan rakyat (penulis menyebut gagasan demokrasi) di wilayah Nusantara ini terutama yang terjadi di pedesaan (Jimly Asshiddiqie, 1994 : 35). Gagasan demokrasi terus berlanjut pada masa sebelum kemerdekaan Indonesia seperti lahirnya konsep demokrasi versi beberapa tokoh dan pendiri Negara seperti Soekarno, Hatta, Moh. Natsir, Syahrir dan lainnya (pembahasan lebih lanjut tentang konsep demokrasi atau kedaulatan rakyat dapat di baca dalam buku Jimly Asshiddiqie dan Umaruddin Masdar). Dengan demikian bagi bangsa Indonesia tradisi berdemokrasi sebenarnya telah dimulai sejak zaman kerajaan Nusantara. Karena itu potensi tumbuhnya alam demokrasi sangat besar.

Sementara itu perkembangan demokrasi di Indoensia pasca kemerdekaan mengalami pasang-surut (fluktuasi) dari masa kemerdekaan sampai saat ini, selama 55 tahun perjalanan bangsa dan negara Indonesia, masalah pokok yang dihadapi ialah bagaimana demokrasi mewujudkan dirinya dalam berbagai sisi kehidupan berbangsa dan bernegara seperti dalam bidang politik, ekonomi, hukum dan sosial budaya. Sebagai tatanan kehidupan, inti tatanan kehidupan yang demokratis secara empiris terkait dengan persoalan pada hubungan antara negara atau pemerintah dengan rakyat, atau sebaliknya hubungan rakyat dengan negara atau pemerintah dalam posisi keseimbangan (equilibrium potition) dan saling melakukan pengawasan (check and balance). Dengan kata lain, posisi keseimbangan antara pemerintah atau negara dengan rakyat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menghindari tumbulnya tindakan kotor dan anarkis baik dilakukan pemerintah atau negara terhadap rakyatnya, partai politik, militer, maupun oleh rakyat sendiri terhadap negara atau dengan sesama anggota masyarakat.

Advertisement

Perkembangan demokrasi di Indonesia dilihat dari segi waktu dibagi dalam empat periode yaitu, a. periode 1945 — 1959; b.Periode 1959 — 1965; c. Periode 1965 — 1998; d. Periode 1998 sekarang.

 

Advertisement