Advertisement

Proses dimana orang tua membentuk hubungan pribadi dengan anak-anak bayi mereka. Ikatan adalah proses dimana orang tua membentuk hubungan pribadi dengan anak-anak bayi mereka. Istilah “ikatan” sering digunakan secara bergantian dengan “Lampiran”, sebuah fenomena yang terkait. Untuk keperluan esai ini, ikatan ini dibatasi pada periode neonatus. Lampiran berkembang selama periode yang lebih besar dari masa kanak-kanak dan dirawat di entri terpisah. Cara orangtua merasa tentang seorang anak yang baru sangat subjektif dan emosional, dan bisa sangat sulit untuk mengukur. Beberapa peneliti di Amerika Serikat dan tempat lain telah berusaha untuk menunjukkan bahwa ada “periode sensitif” segera setelah lahir, di mana bayi tetap diam-diam tertarik dengan melibatkan ibu, dan ibu mampu menyelaraskan anak baru. Itu diasumsikan, tetapi tidak terbukti, bahwa jika ibu diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan bayi mereka saat ini, mereka paling mungkin untuk menjadi terikat kepada anak — mulai untuk meresponnya, mencintainya, dan merawatnya. Bapak-bapak yang dengan mitra mereka di kelahiran juga menanggapi bayi dengan cara yang khas segera setelah lahir. Dokter anak Amerika John Kennell dan Marshall Klaus merintis penelitian ilmiah pada ikatan pada tahun 1970.

Bekerja dengan bayi di unit perawatan intensif neonatal, mereka sering mengamati bahwa bayi yang sering diambil dari ibu mereka segera setelah lahir untuk prosedur medis darurat. Bayi ini sering tetap di pembibitan selama beberapa minggu sebelum diperbolehkan pulang dengan keluarga mereka. Walaupun bayi lakukan baik di rumah sakit, persentase mengganggu mereka tampaknya tidak menjadi makmur di rumah, dan bahkan korban pemukulan dan penyalahgunaan. Kennell dan Klaus juga mencatat bahwa para ibu bayi ini sering tidak nyaman dengan mereka, dan tampaknya tidak percaya bahwa bayi mereka telah bertahan kelahiran. Bahkan ibu yang telah berhasil mengangkat sebelumnya bayi tampaknya memiliki kesulitan dengan anak-anak mereka yang telah diperlakukan pembibitan perawatan intensif. Kennell dan Klaus menduga bahwa pemisahan segera setelah lahir terganggu beberapa proses yang mendasar antara ibu dan bayi baru. Mereka bereksperimen dengan memberikan ibu keduanya prematur dan bayi sehat fullterm tambahan kontak dengan bayi mereka segera setelah lahir dan dalam beberapa hari setelah kelahiran. Ibu yang diizinkan lebih banyak akses kepada bayinya di rumah sakit tampaknya mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan bayi mereka, untuk menahan mereka lebih nyaman, tersenyum dan berbicara dengan mereka lebih. Penelitian dilakukan di tahun 1970-an membuat klaim-klaim ini telah datang di bawah serangan di 1980-an dan 1990-an.

Advertisement

Banyak penelitian sebelumnya telah sulit diduplikat, dan banyak mengurangi faktor dalam hubungan orangtua-anak membuat efek abadi pengalaman ikatan awal sulit untuk pin bawah dengan keketatan ilmiah. Namun demikian, ikatan penelitian membawa perubahan luas dalam praktek Obstetri rumah sakit di Amerika Serikat. Ayah dan anggota keluarga yang diizinkan untuk tetap dengan ibu selama tenaga kerja dan pengiriman dalam banyak kasus. Ibu diizinkan untuk menahan bayi mereka segera setelah lahir, dan dalam banyak kasus, bayi tetap dengan ibu mereka seluruh rumah sakit mereka tinggal. Ikatan penelitian juga telah menyebabkan peningkatan kesadaran kemampuan alami bayi saat lahir, dan jadi telah mendorong banyak orang untuk memberikan bayi mereka tanpa anestesi (yang menekan ibu dan bayi responsif). Salah satu faktor penting dalam kemampuan orang tua untuk ikatan dengan bayi setelah kelahiran bayi sehat, undrugged adalah sering dalam apa yang disebut “tenang waspada” keadaan untuk 45-60 menit setelah lahir. Penelitian telah menunjukkan bahwa segera setelah kelahiran bayi baru lahir dapat melihat dan memiliki visual preferensi, bisa mendengar akan berubah kepala ke arah suara yang diucapkan dan akan bergerak dalam irama untuk suara ibunya. Ibu dan Bapak yang diperbolehkan untuk berinteraksi dengan bayi mereka dalam kerangka waktu ini sering menunjukkan karakteristik perilaku, membelai bayi, pertama dengan ujung jari, kemudian dengan palm, mencari mata bayi dan berbicara kepada bayi dalam suara bernada tinggi. Para peneliti juga menemukan perubahan fisik pada ibu tepat setelah lahir, seperti meningkatkan hormon dipicu oleh menjilati bayi atau mengisap puting nya, dan meningkatkan aliran darah ke payudaranya ketika mendengar tangisan bayi. Beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa ada insting perilaku dipicu pada ibu dalam menanggapi bayi segera setelah lahir yang memfasilitasi nya ikatan dengan bayi, dan dengan demikian mempromosikan kelangsungan hidup bayi. Penelitian pada proses ikatan telah diteliti. Penentangnya perhatian kepada desain sering miskin Penelitian studi awal dan menolak ikatan sebagai sebuah kekeliruan ilmiah dorong pada perempuan untuk membuat mereka merasa bahwa mereka harus bereaksi terhadap bayi mereka dalam mode diresepkan tertentu.

Beberapa orang telah salah menafsirkan ikatan berarti bahwa jika awal periode sensitif melewatkan, mereka tidak bisa menjadi orang tua yang sukses. Jelas, orang tua dapat membentuk dekat lampiran untuk bayi mereka tidak melihat saat lahir, baik karena darurat medis atau karena anak-anak mereka diadopsi. Dengan demikian, pengalaman awal dengan bayi adalah hanya satu faktor dalam hubungan kompleks dari orang tua untuk anak-anak. Meskipun beberapa masalah dengan mengukur ikatan sebagai fenomena ilmiah, ada banyak bukti-bukti anekdotal pada efek positif dari pengalaman ikatan setelah kelahiran. Kebanyakan rumah sakit sekarang jauh lebih sensitif terhadap keinginan orang-tua harus dengan bayi mereka daripada di masa lalu. Orangtua-to-be mungkin ingin mengetahui rumah sakit kebijakan mengenai periode segera setelah lahir. Pertanyaan untuk bertanya mungkin termasuk: akan ibu diizinkan untuk menggendong bayi segera jika tidak ada masalah? Jika tes yang diperlukan, mereka dapat ditunda sampai setelah jam pertama? Apa anggota keluarga dapat hadir pada kelahiran? Anggota keluarga dapat hadir pada persalinan Caesar? Bayi akan menginap di kamar yang sama dengan ibu atau dikirim ke pusat pembibitan? Beberapa rumah sakit dilaporkan Skor ibu pada seberapa baik mereka tampaknya ikatan dengan bayi mereka, diduga untuk bendera potensi penyalahgunaan masa depan anak. Ini berlaku membuat awal dan cepat ikatan tes, dengan kegagalan berpotensi kriminal, dan egregiously melanggar semangat reformasi rumah sakit yang ikatan penelitian dibawa. Jika rumah sakit mengakui “pengujian” untuk ikatan, orang tua mungkin bertanya apakah mereka dapat menolak tes, atau jika mereka dapat memiliki akses ke hasil tes. Idealnya, kelahiran dan masa segera setelah harus ditangani sesuai dengan keinginan orang tua.

Advertisement
Filed under : Psikologi,