Advertisement

BAGAIMANA MENJAGA TATA KRAMA SAAT BERPIDATO? Berpidato dihadapan umum adalah satu kehormatan. Sukses atau tidaknya pidato ini dapat ditetapkan oleh tata krama dalam berpidato. Tata krama ini pasti sesuai dengan komunitas yang dihadapi, umpamanya dihadapan massa, dihadapan wanita, dihadapan beberapa orang terpenting, dihadapan sesama kelompok, dihadapan pelajar, dihadapan pemeluk satu agama, atau dihadapan rakyat desa, dan sebagainya. Perhatikanlah tata krama berpidato dibawah ini :

1. Bila berpidato dihadapan umum, sebaiknya mencermati beberapa hal seperti berikut :

Advertisement

a. berpakaianlah dengan bersih dan rapi, namun tak bergaya pamer dengan menggunakan perhiasan atau baju yang terlalu berlebih.

b. manfaatkanlah kalimat yang sopan serta janganlah menunjukkan keangkuhan, kesombongan, atau kepongahan, namun dengan rendah hati.

c. bila pidato panjang, supaya tak menjemukan pendengar sebaiknya diselingi humor, tetapi humor itu mesti sopan.

2. Bila berpidato di depan wanita atau beberapa besar wanita serta yang berpidato pria, perhatikanlah kalimat yang dipakai, sebaiknya jangan sempat menyinggung perasaan.

3. Bila berpidato dihadapan beberapa orang terpenting, sebaiknya memper-siapkan diri dengan prima ; karena kepercayaan kita bakal tumbuh ; diluar itu kita tak perlu terasa rendah diri.

4. Bila berpidato dihadapan sesama kelompok, kita mesti terbuka serta selalu jelas serta bisa agak enjoy, tetapi janganlah melupakan tata krama.

5. Bila yang dengarkan pidato kita itu pelajar atau mahasiswa, kita mesti dapat memberikan keyakinan mereka dengan alasantasi-argumentasi yang logis.

6. Bila berpidato di depan pemeluk satu agama, sangka mesti melindungi jangan sempat ada satu perkataan juga yang menyinggung martabat satu agama.

7. Bila yang dengarkan pidato kita itu orang-orang desa, manfaatkanlah kalimat atau kalimat yang simpel, hingga pidato kita itu gampang dipahami.

Advertisement