Advertisement

ability (kemampuan, kecakapan, ketangkasan, bakat, kesanggupan); tenaga (daya keku­atan) untuk melakukan suatu perbuatan. Kemampuan bisa merupakan kesanggupan bawaan sejak lahir, atau merupakan hasil latihan atau praktik. Kemampuan dibedakan dari aptitude (kecerdasan), karena menunjukkan suatu kegiatan yang dapat dilakukan sekarang; sedang aptitude menunjuk perlunya ada latihan atau pendidikan sebelum suatu perbuatan dapat dilaku­kan pada waktu-waktu mendatang. Kapasitas (capacity) sering dipakai sebagai sinonim bagi kemampuan (ability), biasanya menyangkut saw kemampuan yang sepenuhnya bisa dikembangkan di masa mendatang asalkan disertai pengkondisian latihan secara optimal. Dalam praktiknya, kapasitas seseorang jarang sekali bisa dicapai sepenuhnya. Lihat pula GENERAL ABILITY; SPE­CIFIC ABILITY.

 

Advertisement

ability grouping (pengelompokan menurut bakat); praktik penggolongan murid­murid dalam kelompok-kelompok yang relatif homogen menurut kemampuan skolastik mereka.

 

ability test (tes bakat atau kemampuan); satu ujian atau pemeriksaan yang telah diba­kukan, bertujuan untuk mengukur baik bakat-bakat umum maupun beberapa bakat-bakat khusus.

 

ablation (pembuangan semua atau sebagian organ); (misalnya otak) dengan tujuan untuk mempelajari fungsi organ ter­sebut. Sinonim dengan EXTIRPATION.

Advertisement