Advertisement

Labial, Yang disebut labial adalah bunyi yang dihasilkan oleh bibir, atau paling tidak oleh bibir bawah. Dapat dibedakan bilabial yang dihasilkan oleh kedua bibir, dan labio-dental yang terjadi karena bibir bawah menempel ke gigi atas.

Oklusif bilabial disebut [p] jika tak bersuara, artinya tidak di­sertai getaran glotis, dan disebut [b] jika bersuara, artinya disertai suara. Jika dilafalkan dengan langit-langit lunak diturunkan sehingga udara melalui rongga hidung, oklusif bilabial (biasanya ber­suara) yang disebut [m], bersifat sengau, dan bukan lagi tak malar, tetapi malar karena bunyinya dapat dipanjangkan sebelum diletup­ka n .

Advertisement

Apabila udara yang mengalir di antara dua bibir yang berdekat­an dan geserannya hampir tidak terdengar, maka bunyi yang dihasil­kannya akan lebih bersifat spiran. Penegangan bibir kemungkinan besar membutuhkan lebih banyak tenaga daripada penegangan yang biasanya dibutuhkan untuk pelafalan bunyi-bunyi wicara. Konsonan tak bersuara yang disebut [co], jarang dan tidak stabil karena tidak memiliki, baik geseran maupun getaran glotis yang terdengar oleh telinga untuk menunjangnya. Jika artikulasi labial agak mengendur, dan bunyi yang tertangkap tidak menghasilkan udara yang mengalir di bibir, melainkan udara yang melalui glotis, maka [cp] menjadi bunyi yang disebut aspirat atau [h]. Konsonan bersuara [13] yang ter­dapat di antara dua vokal Spanyol saber, lebih terdengar berkat bunyi yang menyertainya.

Frikatif labial yang benar-benar stabil adalah labio-dental, yang tak bersuara adalah [f] dan yang bersuara [v], yang pelafalannya telah dideskripsikan di, atas (2.24). Karena ada celah di antara gigi, oklusif labio-dental hampir tidak mungkin dihasilkan. Jadi, dapat dikatakan bahwa posisi alat ucap yang paling dibutuhkan oleh pelafalan frikatif tidak berperan sama sekali untuk pelafalan oklusif, dan sebaliknya posisi yang menguntungkan pelafalan oklusif tidak memungkinkan pelafalan frikatif yang memuaskan. Situasi itu dapat ditemukan di tempat lain.

 

Advertisement