Advertisement

Karbohidrat, KELOMPOK zat ini memperoleh namanya dari kenyataan bahwa anggota pertama yang dianalisis secara kimia hanya berisi karbon, nitrogen, dan oksigen; dua unsur yang terakhir itu perbandingannya 2:1, seperti pada air. J adi senyawa ini dianggap sebagai hidrat dari karbon, yang dapat ditulis dengan rumus umum Cx(H20)y, dengan x sama dengan y atau kelipatan urutan bilangan bulat seterusnya, misalnya glukosa C6-11206 atau sukrosa Ci2H2201 • Definisi ini ternyata kemudian tidak tepat, sebab beberapa senyawa yang susunan molekulnya tidak sesuai dengan rumus ini juga memiliki sifat kimia dan fisik karbohidrat (misalnya deoksiribosa C5H1004), sebaliknya ada zat lain yang sesuai dengan rumus ini, ternyata tergolong ke dalam senyawa lain (misalnya asam laktat C3H603). Walaupun nama karbohidrat ini dipertahankan, sekarang hanya digunakan sebagai istilah kolektif untuk polihidroksi aldehida atau polihidroksi keton dan turunan senyawanya.

Menurut susunannya, karbohidrat digolongkan menjadi tiga kelompok, yaitu monosakarida, oligosakarida, dan polisakarida. Monosakarida adalah gula sederhana yang tak dapat dihidrolisis lagi menjadi satuan lebih kecil; awalan mono menyatakan satu satuan dasar. Oligosakarida adalah gula majemuk yang terdiri atas dua sampai enam monosakarida yang bergabung menjadi satu (oligo berarti beberapa); gula ini dapat dihidrolisis menjadi satuan kecil monosakarida penyusunnya. Gula, baik monosakarida maupun oligosakarida, adalah bahan berupa kristal tak berwarna yang mudah larut dalam air dan umumnya rasanya manis.

Advertisement

Polisakarida tidak memiliki sifat khas gula, karena biasanya tak berbentuk, sering tak larut dalam air, dan tidak manis rasanya. Polisakarida ini terbentuk dari penggabungan beberapa ratus sampai beberapa ribu (poli berarti banyak) satuan kecil monosakarida, sering kali seluruhnya satu tipe, membentuk suatu gabungan molekul besar yang berat molekulnya pun besar. Seperti oligosakarida, polisakarida ini dapat dipecah menjadi satuan kecil monosakarida penyusun-nya dengan cara hidrolisis.

Advertisement