Advertisement

Bahan ergastik, Sebagai hasil kegiatan kimiawi sel, bahan ergastik dianggap baik sebagai bahan makanan cadangan maupun hasil limbah sesuai dengan kegunaan bahan tersebut bagi tumbuhan di masa yang akan datang. .bergantung pada sifat fisikokimiawinya, bahan ergastik dijumpai baik dalam larutan, sebagai butiran atau kristal, atau dalam suspensi sebagai tetes-tetes kecil.

Salah satu bahan ergastik yang paling umum dijumpai dalam sitoplasma adalah pati, yang terdapat sebagai butir-butir dalam leukoplas dan ldoroplas. Dalam tumbuhan yang berbeda, butir-butir pati bervariasi dalam ukuran dan bentuknya, tetapi umumnya menunjukkan suatu pelapisan nyata sekitar suatu titik yang disebut hilum. Pada beberapa tumbuhan titik ini terletak di tengah butir pati, tetapi pada tumbuhan lain ada juga yang terletak ke arah tepi butir pati. Dalam sebuah plastida, satu atau beberapa butir pati dapat berkembang. Pati merupakan bahan cadangan utama pada kebanyakan tumbuhan dan di samping selulosa, yang merupakan komponen utama dinding sel tumbuhan, karbohi-dratlah yang paling banyak dijumpai dalam dunia tumbuhan. Butir-butir pati disebarkan sangat luas di dalam tumbuhan, tetapi secara khusus banyak terdapat dalarn organ-organ penyimpanan (seperti akar yang berdaging, umbi, rimpang, dan subang), di mana butir-butir itu dapat memenuhi hampir seluruh isi sel.

Advertisement

Bahan lain yang lazim dijumpai dalam sitoplasma adalah butir minyak dan berbagai macam kristal yang dalam banyak hal tersusun dari kalsium oksalat.

 

Advertisement