Advertisement

Apakah Tujuan Utama Terbentuknya Pemerintahan?, Dalam kehidupan manusia terdapat tiga hak dasar yang dimiliki oleh setiap manusia yang berlaku secara universal dan hams dipelihara dan mendapatkan jaminan institusi pemerintah atau negara. Ketiga hak dasar tersebut adalah hak untuk hidup (life) tanpa rasa takut dan ancaman dari siapa pun, hak untuk hidup bebas (liberty) untuk berbicara dan berekspresi, untuk beragama dan bercita-cita dan sebagainya dan hak untuk memiliki sesuatu (property) baik materi maupun non material. Pada dasarnya setiap orang tidak menghendaki hak-haknya diganggu atau dilanggar oleh siapa pun. Bahkan mereka berusaha agar hak-hak asasinya dilindungi.

Para pencetus Hak Asasi Manusia (HAM) menyadari kecenderungan manusia melanggar hak-hak sesamanya, sebegaimana keyakinan agama-agama bahwa dibalik kecenderungan negatif, manusia pun memiliki kecenderungan baik terhadap sesamanya. Kemudian mereka merumuskan cara-cara terbaik untuk melindungi HAM, melalui hukum dan aturan seperti dijelaskan di atas. Dengan hukum dan aturan inilah manusia dapat hidup bebas tanpa rasa takut. Dapatkah saudara bayangkan hidup tanpa aturan dan hukum ? Bayangkan pula kita bermain sepakbola tanpa aturan dan wasit ? Kacau bukan.

Advertisement

Untuk menjamin perlindungan HAM, mulanya masyarakat atau warganegara suatu kawasan bersepakat membentuk suatu lembaga bersama yang disebut pemerintah. Menurut filsuf Barat John Lock, tujuan asasi dari pembentukan suatu pemerintahan tidak lain untuk melindungi HAM. Dengan pengertian lain bahwa tujuan utama dibentuknya pemerintahan adalah untuk menjaga suatu sistem ketertiban dimana masyarakat bisa menjalani kehidupan mereka secara wajar.

Dalam pandangan pemerintahan moderen, pada hakekatnya is dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintahan tidaklah diadakan untuk melayani dirinya sendiri, tetapi untuk melayani masyarakat, menciptakan kondisi yang mcmungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya untuk mencapai kemajuan bersama.

Pemerintahan moderen identik dengan pemerintahan demokratis yaitu suatu bentuk pemerintahan negara yang dibentuk oleh, dari dan untuk rakyat. Artinya pemerintahan demokratis. merupakan suatu pemerintahan dimana warganegara memiliki hak dan kesempatan untuk berpartisipasi, karena dari warganegaralah sesungguhnya otoritas atau kewenangan suatu pemerintahan berasal.

Dalam sebuah negara demokrasi, warganegara bersepakat untuk diatur oleh pemerintahan yang mereka bentuk sendiri. Menurut mereka, dalam masalah pengaturan dan perlindungan HAM, pcmerintahlah yang terbaik untuk menjalankan fungsi tersebut. Dengan kata lain, warganegara demokratis memandang pemerintahan yang mereka bentuk dengan segala aturan-aturannya merupakan perwujudan dari legitimasi kekuasaan.

 

 

Advertisement