Advertisement

Apakah manfaat Konstitusi itu?, Di dalam ilmu negara dan hukum tata negara, konstitusi diberi arti yang berubah-ubah sejalan dengan perkembangan kedua ilmu tersebut. Pertama, pengertian konstitusi pada masa pemerintahan-pemerintahan kuno (ancien regime). Kedua, pengertian yang baru yaitu pengertian konstitusi menurut tafsiran moderen yakni sejak lahirnya dokumen konstitusi yang pertama di dunia yang dikenal dengan nama Virginia Bill of rights (1776).

Konstitusi dalam pengertian pertama diartikan sebagai nama bagi ketentuan-ketentuan yang menyebut hak-hak dan kekuasaan dari orang-orang tertentu, keluarga-keluarga tertentu yang berkuasa atau suatu badan-badan tertentu. Sebagai contoh di masa-masa pemerintahan kerajaan absolut, konstitusi diartikan sebagai “kekuasaan perorangan yang tak terbatas dari sang raja”.

Advertisement

Sedangkan konstitusi dalam pengertian kedua, menurut Sovernin Lohman, meliputi tiga unsur, yaitu :

  1. Konstitusi dipandang sebagai perwujudan perjanjian masyarakat (kontrak sosial), artinya konstitusi merupakan hasil atau kongklusi dari kesepakatan masyarakat untuk membina negara dan pemerintahan yang akan mengatur mereka;
  2. Konstitusi sebagai piagam yang menjamin hak-hak asasi manusia dan warga negara sekaligus penentuan batas-batas hak dan kewajiban warga negara dan alat-alat pemerintahannya;
  3. Konstitusi sebagai forma regimenis yaitu kerangka bangunan pemerintahan.

Istilah konstitusi berasal dari kata ‘Constitution’ (Inggris), ‘Constitutie’ (Belanda), `Consituer’ (Prancis), yang berarti mcmbentuk, menyusun, menyatakan. Maksud pemakaian istilah I,(mstitusi ini adalah pembentukan suatu negara, menyusun dan menyatakan suatu negara. Dalam praktek kenegaraan, pengertian konstitusi mempunyai arti yang lebih luas dari sekadar pengertian hdang-undang dasar atau setidaknya sama dengan pengertian tmdang-undang dasar. Hal itu dikarenakan sifat terbatas undang¬¨undang dasar yang hanya meliputi konstitusi tertulis saja. Padahal selain UUD, masih terdapat konstitusi tidak tertulis yang tidak tercantum dalam undang-undang dasar suatu negara.

Dari paparan di atas maka konstitusi dapat dimaknai sebagai kerangka kerja (framework) dari sebuah negara yang mcnjelaskan bagaimana tujuan pemerintahan negara tersebut diorganisir dan dijalankan.

Advertisement