Advertisement

Jemaah adalah kata Arab, yang artinya kompak atau bersama-sama. Ungkapan sa­lat berjemaah berarti salat yang dikerjakan secara bersama-sama di bawah pimpinan seorang imam. Jemaah juga berarti seke­lompok manusia yang terikat oleh sikap, pendirian, keyakinan dan tugas serta tuju­an yang sama. Islam mengajurkan umat Is­lam menggalang kekompakan dan kebersa­maan, yaitu suatu masyarakat yang terdiri dan pribadi-pribadi muslim, yang berpe­gang pada norma-norma Islain, menegak­kan prinsip ta`awun (tolong menolong) dan kerjasama, untuk tegaknya kekuatan bersama demi tercapainya tujuan bersama (Q. 3:103,5:2).

Jemaah Islamiyah didasarkan atas saling percaya dan bersendikan ketakwaan serta dijiwai oleh satu persaudaraan Islam (ukhuwah Islamiyah). Watak jemaah Is­lamiyah adalah persamaan hak dan kewa­jiban, baik antara pribadi dengan pribadi maupun antara pribadi dengan masyara­kat, sehingga kepentingan masyarakat ti­dak digagahi oleh kepentingan individu, dan juga kepentingan individu tidak dile­nyapkan oleh kepentingan masyarakat. Dalam hubungan individu dengan masya­rakat, Islam mengambil keseimbangan, yaitu’menyeimbangkan antara keduanya. Itu berarti Islam menolak liberalisme Ba­rat dan komunisme totaliter. Jemaah Is­lamiyah ditegakkan di atas prinsip-prin­sip: keadilan, persamaan melalui rnusya­warah dan gotong-royong yang dijiwai oleh asas kekeluargaan, atas dasar persa­maan hak, sesuai dengan bobot kewajiban masing-masing anggotanya.

Advertisement

Islam mengutuk hidup uzlah, yaitu po­la hidup mengisolir diri’ dari masyarakat, seperti dilakukan oleh pendeta-pendeta agama lain. Uzlah boleh dilakukan hanya dalam keadaan sangat darurat. Islam menganjurkan setiap muslim bergaul dan berjuang di tengah-tengah masyarakat, memperbaiki dan menyempurnakan diri, sekaligus memperbaiki dan menyempurna­kan masyarakatnya. Hal itu termasuk ji­had di jalan Allah dan dipandang bernilai ibadat. Orang yang mengerjakannya dijan­jikan akan memperoleh pahala di sisi Tuhan hidup di dunia penuh arti dan hidup di akhirat mendapatkan balasan surgawi.

Advertisement