Advertisement

Jalut yang dikenal dengan nama lain Goliath, adalah seorang pemimpin perang bangsa Palestina. Jalut muncul, sebagai di­perkirakan orang, sekitar abad ke-11 SM. Ia merupakan lawan dari Talut (Saul) yang ditunjuk Tuhan menjadi raja perta­ma Bani Israil melalui wahyu-Nya, kepada Samuel. Dalam sebuah pertempuran, Jalut dibunuh oleh seorang pemuda yang meng­gabungkan dirinya dalam pasukan Talut, bernama Daud; putra seorang yang saleh.

Daud menghancurkan kepala Jalut de­ngan batu-batu besar yang dilemparkan kepadanya.

Advertisement

Diungkapkan dalam riwayat, bahwa ke­beranian Daud untuk membinasakan Jalut bangkit karena Talut sangat mengharap­kan adanya seseorang tentara yang sang­gup membunuh Jalut. Bahkan Talut me­ngeluarkan suatu maklumat: “Barangsiapa sanggup membunuh Jalut, sehingga kaum beriman terpelihara dan tipu-dayanya, akan dikawinkan dengan salah seorang pu­trinya, dan akan diangkatnya menjadi raja sesudahnya.”

Terbunuhnya Jalut oleh Daud semakin memantapkan kedudukan Talut sebagai raja Bani Israil yang, pertama. Kekuasaan kemudian berpindah ke tangan Daud. Da-lam al-Quran, kehadiran pasukan Jalut la-wan tentara Talut ini adalah sesudah ber­lalunya kurun Nabi Musa. Kisahnya diung­kap kembali oleh Allah, dalam surat al­Baciarah, ayat 246-251.

Advertisement