Advertisement

GP Ansor, (Gerakan Pemuda Ansor) adalah sebuah organisasi yang bersifat ke­pemudaan, kemasyarakatan dan keagama­an serta merupakan organisasi kader NU. Organisasi ini merupa­kan kelanjutan dari Ansor Nandlatul Ula­ma (ANO) yang didirikan 24 April 1934 (10 Muharam 1353 H), di kota Surabaya (Banyuwangi). Tanggal dan tahun tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya GP Ansor.

Di dalam Peraturan Dasar Gerakan Pe­ muda Ansor pasal 2, dinyatakan bahwa organisasi ini berasaskan Pancasila. Se­dangkan mengenai akidahnya dinyatakan dalam pasal 3 sebagai berikut: Gerakan Pemuda Ansor berakidah Islam Ahlus Sunnah wal Jameih dan mengikuti salah satu mazhab empat; Hanafi, Maliki, Syafil dan Hambali.

Advertisement

Sebagai sebuah organisasi, GP Ansor mempunyai tujuan sebagai berikut:

  • Menegakkan ajaran Islam yang beraki­dah Ahlus Sunnah wal Jameah meng­ikuti salah satu dari mazhab empat di tengah-tengah kehidupan. di dalam wa­dah negara kesatuan’ Republik Indone­sia yang berdasarkan Pancasila dan Un­dang Undang Dasar 1945.
  • Menyukseskan Pembangunan Nasional sebagai pengamalan Pancasila demi ter­wujudnya keadilan dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia yang di­ridai oleh Allah Subhanahu Wataala.
  • Membina pemuda agar memiliki kepri­badian yang luhur, berjiwa patriotik, • berilmu dan beramal salih.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Ge­rakan Pemuda Ansor melakukan usaha­usaha sebagai berikut:

  • Menumbuhkan kesadaran Pemuda In­donesia terhadap kewajiban memper­juangkan cita-cita bangsa dalam mening­katkan kesadaran berbangsa dan berne­gara serta pengamalan ajaran Islam.
  • Meningkatkan mutu pendidikan dan pe­ngajaran serta memperluas ilmu penge­tahuan, keterampilan dan wawasan bagi
  • Mempersiapkan tenaga-tenaga pemuda yang terampil dan profesional dalam rangka berpartisipasi terhadap pemba­ngunan Nasional.
  • Meningkatkan kegiatan-kegiatan olah raga, kesenian dan kemasyarakatan.
  • Meningkatkan hubungan dan kerja sa­ma dengan organisasi-organisasi kepe­mudaan lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri. (pasal 7 Peraturan Dasar Gerakan Pemuda Ansor)

Yang boleh menjadi anggota organisasi Pemuda Ansor adalah setiap pemuda In­donesia yang beragama Islam berumur 15 s/d 45 tahun dan yang bersangkutan me nyetujui Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga Gerakan Pemuda Ansor.

Advertisement