Advertisement

Arafah, adalah padang pasir luas yang dikelilingi bukit-bukit batu, terletak 25 km sebelah timur kota Mekah, tempat je­maah haji melaksanakan wukuf.

Pada musim haji padang Arafah penuh dengan kemah-kemah yang disiapkan oleh panitia haji untuk menyambul tamu Allah. Sebelum tanggal sembilan Zulhijjah je­maah telah berduyun-duyun ke sana de­ngan berbagai kendaraan dan banyak juga yang berjalan kaki setelah bermalam di Mina. Setelah tergelincir matahari hari ke­sembilan itu jemaah mulai melakukan wu­kuf setelah salat zuhur (lihat Wukuf).

Advertisement

Hadis Jabir menjelaskan bahwa Rasu­lullah dalam mengerjakan haji wada ma­suk ke Arafah setelah masuk waktu zuhur dan melakukan salat zuhur dan asar de­ngan jamak takdim, kemudian ia menuju suatu tempat tidak jauh dari kaki Jabal Rahmah (lihat Jabal Rahmah). Di sana ia wukuf sampai terbenam matahari. Kemu­dian Jabir menyebutkan dalam hadis yang terpisah bahwa Rasulullah bersabda: “Sa­ya wukuf di sini (di dekat kaki Jabal Rah­mah), dan seluruh Arafah adalah tempat wukuf.” (Riwayat Muslim) Kecuali wadi Uranah yang terletak di sebelah barat pa­dang Arafah, ia tidak termasuk tempat wukuf, seperti ditegaskan Rasulullah da­lam satu hadis riwayat Ibnu Majah.

 

Advertisement