Advertisement

Amandemen Konstitusi di Beberapa Negara, Amandeman konstitusi sudah merupakan keharusan atau iintutan bagi eksistensi sebuah konstitusi. Tanpa amandemen, kemungkinan konstitusi itu bisa ditinggalkan atau bahkan berlawanan dengan perkembangan demokrasi dan hak asasi manusia. Berikut ini wkilas beberapa amandemen konstitusi yang terjadi di negara-negara lain:

  1. Belanda

Perubahan konstitusi Kerajaan Belanda terjadi beberapa kali yaitu pada tahun 1814, 1848 dan 1972. Masalah perubahan konstitusi kerajaan 1111 (haw!. (Jahn Bah (Hoojdvtuk) XIII dan terdiri dari 6 pasal yaitu pasal 193 (210 lama) sampai pasal 198 (215 lama). Cara yang dilakukan dalam rangka perubahan itu adalah : Memperbesar jumlah anggota staten general parlemen sebanyak dua kali lipat, keputusan tentang perubahan atau penambahan tersebut adalah sah apabila disetujui oleh sejumlah suara yang sama dengan duapertiga dari yang hadir; namun dalam Gronwet (undang-undang dasar) Belanda tahun 1815 prosedur di atas di perberat yaitu: Memenuhi korum yakni sekurang-kurangnya setengah dari anggota sidang staten general ditambah satu (UU 1814 psi. 144). Dengan demikian perubahan undang-undang dasar adalah sah apabila dihadiri oleh sekurang¬kurangnya setengah jumlah anggota staten general yang telah dijadikan dua kali lipat ditambah satu.

Advertisement
  1. Amerika

Amerika adalah negara yang saat ini dikenal sebagai negara super power. Rakyatnya berasal dari Inggris dan Eropa kontinental ( Belanda, Prancis, Jerman, Irlandia, Scotlandia dan Swedia), dan sebagai negara besar yang didirikan pada tahun 1774, dan merdeka dari jajahan Inggris tahun 1776 melalui pernyataan yang terkenal yaitu Declaration of independence.

Pada tahun 1777, negara ini menyusun suatu landasan kerjasama bagi ketiga belas bekas daerah jajahan dalam bentuk articles of confederation. Menurut aturan ini sistem pemerintahan dilakukan oleh satu badan yang disebut congress yang diberi kekuasaan untuk bertindak atas nama konfederasi. Namun demikian bukan berarti keputusan sepenuhnya di tangan kongres tetapi setiap keputusan kongres baru dapat dilaksanakan apabila disetujui oleh sekurang-kurangnya 9 negara dari 13 negara yang bergabung.

Pengalaman berpemerintahan atas dasar articles of confederation memaksa para pemimpin negara-negara yang bergabung untuk berfikir lebih jauh ke depan. Untuk itu mereka merasa perlu melakukan perubahan secara fundamental agar berfungsinya suatu pemerintah yang sentralistik tanpa ada gangguan dan intervensi negara-negara berkembang, untuk maksud itu kongres membentuk suatu badan yang diberi nama constitutional convention yang bertugas mempersiapkan konstitusi bagi negara-negara yang hendak melakukan kerjasama lebih erat. Badan ini beranggotakan lima puluh lima orang dan yang diwakili 13 negara yang bergabung.

Sementara itu, dalam melakukan perubahan konstitusi, Amerika telah banyak melakukan perubahan (amandemen ) dengan memunculkan beberapa syarat yaitu:

Dua pertiga dari badan perwakilan rakyat negara-negara bagian

dapat mengajukan usul agar diadakan perubahan terhadap konstitusi Amerika Serikat;

Untuk keperluan perubahan konstitusi tersebut Dewan

perwakilan rakyat federal harus memanggil sidang konvensi; Konvensi inilah yang melaksanakan wewenang mengubah konstitusi.

  1. Uni Sovyet

Pada pasal 146 Konstitusi Stalin dinyatakan:

“Amandments to the constitution of the U.S.S.R shall be dopted bay a majority of not less than two thirds of the votes in each of the chaambers of the supreme Soviet of the U.S.S.R”.

Dari bunyi pasal tersebut jelaslah bahwa, pertama, wcwenang untuk mengubah konstitusi RSUS berada di tangan Soviet tertinggi RSUS; kedua, keputusan yang berisi perubahan konstitusi adalah sah apabila disetujui oleh sekurang-kurangnya dua pertiga dari masing-masing kamar Soviet tertinggi RSUS. Prosedur yang lebih Iengkap adalah:

I . Apabila ada rencana untuk mengubah konstitusi, maka harus dibentuk Panitia konstitusi oleh Soviet Tertinggi;

). Panitia tertinggi ini harus selalu diketuai oleh tokoh serta orang terkuat Partai Komunis Uni Soviet;

Rancangan perubahan barn yang disusun oleh panitia konstitusi itu dilaporkan kepada presidium Soviet Tertinggi untuk disetujui/ diterima atau ditolak;

.1. Apabila rancangan itu diterima, maka kemudian diumumkan kepada rakyat Soviet untuk didiskusikan;

  1. Setelah didiskusikan, rakyat melalui organisasi masyarakatnya dapat mengajukan usul-usul perubahan;

()             Usul perubahan selanjutnya disampaikan kepada Panitia

konstitusi, yang kemudian — apabila dianggap penting- dapat dipergunakan untuk menyempurnakan rancangan tersebut;

  1. Rancangan yang telah disempurnakan kemudian dilaporkan kepada Soviet tertinggi untuk ditetapkan sebagai bagian konstitusi RSUS.

 

 

Advertisement